Jowonews

Logo Jowonews Brown

500 Relawan Ikut Bersihkan Sampah Asian Games

JAKARTA, Jowonews.com –– Sebanyak 500 relawan dari Indorelawan turut membersihkan sampah pada saat penutupan Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Minggu, 2 September 2018. Tim Leader Indorelawan Anugerah Putra mengatakan para relawan mulai memunguti sampah yang dibuang pengunjung sejak pukul 15.00.

Ini bukan yang pertama bagi tim Indorelawan membantu membersihkan lokasi perhelatan Asian Games 2018. “Biasanya 100 orang yang kami turunkan. Tapi karena sekarang penutupan, jumlah pengunjung yang  datang lebih banyak, jadi relawannya juga jauh lebih banyak,” kata Putra.

Putra menjelaskan mereka telah membantu membersihkan sampah di sekitar venue Asian Games sejak 18 Agustus 2018. Lebih dari 2 ribu orang yang mendaftar jadi relawan kebersihan selama perhelatan olahraga bangsa se-Asia itu digelar.

Para relawan, tutur Putra, berfokus memunguti sampah yang dibuang pengunjung terutama sampah plastik seperti botol minuman. Per harinya, Indorelawan bisa mengumpulkan ratusan kilogram sampah plastik di sekitar kawasan GBK.

Putra menjelaskan tiap relawan dibekali satu kantong sampah yang bisa menampung sampah sampai lima kilogram. Kemarin, Indorelawan menyiapkan 600 kantong sampah.

Menurut Putra, pengunjung di kawasan GBK semakin sadar akan pentingnya kebersihan. Itu terlihat dari banyaknya pengunjung yang membuang sampah di tempat sampah atau mendatangi relawan untuk membuang sampahnya.

Seorang relawan, Pascal Listyo, turut menjadi relawan kebersihan selama Asian Games 2018  karena ingin menunjukkan kepada negara lain kalau Indonesia juga mencintai kebersihan. “Orang Jepang yang datang ke sini saja mau memungut sampah yang dibuang pengunjung, masa kami tidak,” ujarnya.(jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...