Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

54,23 Persen Anak di Jateng Sudah Imunisasi MR

SEMARANG, Jowonews.com — Sebanyak 54,23 persen anak berusia 9 bulan hingga 15 tahun di Jawa Tengah sudah mendapat imunisasi Measles Rubella (MR) untuk mencegah serangan penyakit campak.

“Sasaran anak yang diimunisasi MR di Jateng adalah 8.285.495 anak, sedangkan berdasarkan laporan hingga Senin (21/8) malam sebanyak 54,23 persen anak sudah diimunisasi MR,” kata Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo di Semarang, Selasa (22/8).

Menurut dia, fakta tersebut menunjukkan bahwa masyarakat mendukung program kesehatan yang dicanangkan oleh pemerintah pusat berupa program imunisasi MR.

Ia menyebutkan, dari 35 kabupaten/kota di Jateng rata-rata capaian anak yang tiap daerah sudah di atas 50 persen.”Yang tertinggi adalah Kota Magelang yaitu 80 persen, Kota Surakarta 72 persen, Kabupaten Karanganyar 64 persen,” ujarnya.

Ia menyayangkan jika ada orang tua yang enggan mengikutsertakan anaknya pada program imunisasi MR karena selain ancaman penyakit campak dan rubella yang sangat berbahaya, biaya untuk melakukan imunisasi MR secara mandiri di rumah sakit mahal yakni berkisar Rp400 ribu.

“Ada orang tua yang khawatir jika putera-puterinya diimunisasi MR karena vaksin itu dinilai belum jelas status halalnya,” katanya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi capaian pelaksanaan program imunisasi MR meski baru berlangsung 21 hari.”Meskipun pelaksanaan vaksinasi dua bulan, ternyata baru 21 hari capaiannya sudah lebih dari 54 persen, artinya banyak yang mau, banyak yang sadar,” ujarnya.(jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...