Jowonews

Logo Jowonews Brown

77 Orang Tewas Akibat Insiden Truk Seruduk Kerumunan Warga

NICE, Jowonews.com – Sebuah truk tronton menyeruduk kerumunan orang dalam perayaan Bastille Day di Nice, Prancis, Kamis malam, 14 Juli 2016, waktu setempat. Menurut seorang jaksa di Nice, Jumat, 15 Juli 2016, sebanyak 77 orang tewas akibat peristiwa tersebut.

Berdasarkan keterangan dari jaksa tersebut, sang sopir menabrakkan truk yang dikendarainya ke arah kerumunan orang dengan kecepatan tinggi. Orang yang ada di sana pun terlempar. Sopir truk tersebut akhirnya ditembak mati oleh aparat kepolisian. Akibat peristiwa itu, selain korban tewas sekitar 100 orang luka-luka.

Seperti yang dikutip dari kantor berita BBC, tragedi tersebut terjadi di wilayah bagian selatan Nice. Menurut informasi yang dilansir sebuah koran lokal Prancis, insiden terjadi terjadi pada saat perayaan kembang api di salah satu tempat wisata yang menjadi ikon Prancis, Promenade des Anglais.

Dalam sebuah foto yang beredar di Twitter, lusinan orang terbaring tak berdaya di jalanan. Wali Kota Nice, Christian Estrosi, menyatakan bahwa sopir truk tronton itu terlihat sangat ingin membunuh puluhan orang yang ada di sana.

Menurut Jaksa Nice, Jean-Michel Pretre, truk tersebut menyeruduk kerumunan orang sejauh dua kilometer. Presiden Prancis, Francois Hollande, pun langsung kembali ke Paris dari kunjungan pribadinya ke Avignon, kota di sebelah tenggara Prancis, untuk memberikan keterangan resmi atas tragedi tersebut.

Berdasarkan rekaman video, insiden ini terjadi saat warga tengah berkerumun untuk merayakan Bastille Day yang terkenal dengan Promenade des Anglais di Prancis.

Setelah menabrakkan mobil ke orang-orang, sopir truk kemudian mulai melancarkan tembakan. Polisi yang sudah berada di tempat kejadian langsung membalas tembakan tersebut. Saat ini, sopir truk dilaporkan telah meninggal dunia akibat terkena tembakan. 

BACA JUGA  Tiga Orang Ditahan Atas Tragedi Nice

“Kami hampir mati. Ini seperti berhalusinasi. Truk itu berjalan secara berkelok-kelok ke arah kami,” ujar seorang saksi mata i-Tele, sebagaimana dilansir Sky News, Jumat (15/7/2016).

“Truk itu menabrak segalanya . Orang-orang, pohon dan lainnya. Kami tidak pernah melihat sesuatu seperti ini. Beberapa orang bahkan tergantung di pintu dan mencoba untuk menghentikan laju truk,” ujar salah seorang saksi.

Menurut saksi lain, pengemudi bahkan melaju kencang sepanjang jalan hingga 2-3 mil dan terus menabrak orang-orang di sepanjang jalan. Sebuah gambar menunjukkan bagian depan truk putih penuh dengan lubang peluru.

Insiden itu terjadi saat penonton berkumpul untuk menyaksikan kembang api di tepi pantai Kota Nice, Prancis. Rekaman dramatis itu menunjukkan puluhan orang panik dan berlarian dari lokasi kejadian. (jn03)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...