Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Perhatian Pemkot Magelang Terhadap Anak Diacungi Jempol

MAGELANG, Jowonews.com – Perhatian Pemkot Magelang terhadap layanan anak diacungi jempol oleh pemerintah pusat.

Itu seiring dengan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise yang mencanangkan “Rukun Warga Layak Anak se-Kota Magelang”, Jawa Tengah, di Pendopo Pengabdian, Kota Magelang, Kamis (15/9).

“Saya mengapresiasi komitmen tinggi Pemerintah Kota Magelang, masyarakat dan seluruh stakeholder terkait untuk mewujudkan Kota Magelang menuju kota layak anak,” kata Yohana dalam pencanangan RW Layak Anak se-Kota Magelang yang antara lain dihadiri oleh Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina dan anggota Komisi VIII DPR RI Choirul Muna.

Menteri PPPA mengatakan Kota Magelang telah memperoleh penghargaan kota layak anak kategori madya.

“Saya sangat berharap Kota Magelang dapat segera meningkatkan capaiannya dari kategori madya ke kategori yang lebih tinggi lagi, yaitu nindya,” katanya.

Menurut dia hal tersebut tergantung dari komitmen, kerja sama, dan dukungan semua pihak, yaitu pemerintah daerah, masyarakat, dunia usaha, media massa serta para orang tua dan keluarga di Kota Magelang.

Ia mengatakan hingga saat ini sebanyak 294 kabupaten/kota telah menginisiasi menuju kabupaten/kota layak anak, termasuk Kota Magelang.

“Jika semua kabupaten/kota mempunyai komitmen menjadi kabupaten/kota layak anak, kami berharap Indonesia layak anak atau Idola dapat terwujud pada 2039,” katanya.

Komitmen di tingkat internasional, katanya ditandai dengan diratifikasinya konvensi hak anak melalui Keputusan Presiden nomor 36 Tahun 1990 dan dukungan terhadap gerakan duni untuk menciptakan dunia yang layak bagi anak melalui pengembangan kabupaten/kota layak anak yang dilakukan pada era otonomi daerah.

Kabupaten/kota layak anak merupakan sistem pembangunan yang berbasis pada pemenuhan hak dan perlindungan anak.

“Dengan menjadi kota layak anak, maka Kota magelang akan memiliki kekuatan untuk melaksanakan pemenuhan hak anak sekaligus mampu melindungi semua anak dari bahaya yang mengancam mereka. Ini harus menjadi komitmen seluruh masyarakat Kota Magelang,” terangnya. (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...