Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Enam Kecamatan di Cilacap Terkena Bencana Kekeringan

kekeringanCilacap, Jowonews.com – Kemarau panjang menyebabkan sejumlah wilayah di Jawa Tengah mengalami kekeringan. Ternayar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap menyatakan bahwa bencana kekeringan telah melanda lima kecamatan di kabupaten itu.

Menurut Kepala Pelaksana Harian BPBD Cilacap Supriyanto, hingga saat ini, sudah ada enam kecamatan yang minta bantuan air bersih namun tidak semua wilayah di kecamatan itu yang dilanda kekeringan. “Kami telah mendistribusikan lebih dari 60 tangki air bersih untuk sekitar 17.000 jiwa,” ujarnya di Cilacap, Sabtu (25/7) kemarin.

Dikatakan Supri, enam kecamatan yang telah dilanda kekeringan itu adalah Bantarsari, Gandrungmangu, Kawunganten, Patimuan, Kedungreja, dan Kesugihan. Bahkan, kata dia, kekeringan yang melanda Desa Pesanggrahan, Kecamatan Kesugihan, baru pertama kali terjadi.

Pihaknya berencana menggandeng Dinas Bina Marga, Sumber Daya Air, Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Cilacap untuk melakukan studi terkait kekeringan yang melanda Desa Pesanggrahan. Supriyanto mengatakan bahwa selain air bersih, pihaknya juga memberikan bantuan tempat penampungan air.

Berdasarkan data BPBD Cilacap, sebanyak 77 desa yang tersebar di 13 kecamatan merupakan daerah rawan kekeringan dan krisis air bersih. (JN03)

BACA JUGA  Cilacap Siap Teruskan Misi "to be Singapore of Java"

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...