Jowonews

Logo Jowonews Brown

Ada 39 Anggota DPD Berpeluang Gantikan Irman

JAKARTA, Jowonews.com – Sebanyak 39 anggota Dewan Pimpinan Daerah (DPD) RI dari Indonesia bagian barat berpeluang menggantikan Irman Gusman sebagai pimpinan DPD RI.

Ketua Komite I DPD RI Ahmad Muqowam di sela rapat paripurna luar biasa di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu mengatakan pada rapat paripurna luar biasa yang kemungkian diselenggarakan pada Selasa (11/10), agendanya adalah memilih pimpinan DPD sebagai pengganti Irman Gusman.

“Dari Indonesia bagian barat ada sebanyak 39 orang, dan satu orang lainnya tidak dapat mengikuti pemilihan yakni Irman Gusman,” katanya.

Menurut Muqowam, ke-39 anggota tersebut memiliki peluang yang sama untuk maju sebagai pimpinan DPD RI.

Teknis pemilihannya, menurut dia, diserahkan kepada ke-39 anggota tersebut untuk dapat memilih salah satu di antara mereka menjadi pimpinan DPD RI, apakah melalui musyawarah mufakat atau voting.

“Tentunya sejak hari ini sampai pekan depan sudah ada persiapan-persiapan,” katanya.

Ketika ditanya, siapa yang kemungkinan dijagokan untuk menggantikan Irman Gusman, Muqowam mengatakan ada beberapa nama, seperti anggota dari DKI Jakarta, Lampung, dan Sumatera Selatan, tapi dia enggan menyebutkan namanya.

Anggota DPD RI dari Provinsi Jawa Tengah ini menambahkan, setelah satu nama pimpinan DPD terpilih dari Indonesia bagian Barat, maka akan menjadi pimpinan DPD RI bersama dua pimpinan yang sudah ada yakni Gusti Kanjeng Ratu Hemas dari Indonesia bagian tengah serta Faoruk Muhammad dari Indonesia bagian timur.

Berdasarkan tata tertib DPD RI, kata dia, maka ketiga pimpinan tersebut akan dipilih oleh seluruh anggota DPD RI sebanyak 131 orang untuk memilih Ketua DPD RI.

“Proses pemilihannya dapat secara musyawarah mufakat atau voting, tergantung pada kesepakatan forum rapat paripurna mndatang,” katanya. Jn16-ant

BACA JUGA  MPR/DPR/DPD RI Siap Selenggarakan Sidang Tahunan dan Pidato Kenegaraan pada 16 Agustus 2019

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...