Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Ada Perpusatakaan Digital di Magelang

JAKARTA, Jowonews.com — Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah, merencanakan pembangunan perpustakaan digital guna meningkatkan gemar membaca masyarakat setempat.

“Salah satu wujudnya berupa inovasi pembangunan perpustakaan digital agar perpustakaan semakin menarik masyarakat sebagai rujukan membaca,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemkot Magelang Sri Rohmiati di Magelang, Kamis (27/4).

Tingkat kunjungan masyarakat ke perpustakaan, ujarnya, saat membuka “Sosialisasi Kajian Minat Baca Masyarakat Kota Magelang” di Aula Gedung Kyai Sepanjang yang diikuti 275 peserta, sebagai salah satu indikator penting terhadap tingginya minat baca masyarakat.

Rohmiati menjelaskan tentang tantangan pengelolaan perpustakaan pada era digital saat ini yang antara lain harus disikapi melalui program inovasi layanan perpustakaan.

“Terjadi pergeseran perilaku masyarakat membaca buku dari teks ke informasi digital melalui internet dan media sosial. Ini harus direspons secara positif,” ujarnya.

Kemajuan pesat teknologi informatika, katanya, apabila tidak dimbangi dengan perubahan pengelolaan perpustakaan dapat menghambat upaya meningkatkan minat baca masyarakat.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemkot Magelang C. Dwi Ratri mengatakan pengembangan perpustakaan digital sebagai salah satu wujud inovasi dalam pengelolaan perpustakaan. “Untuk pengadaan sarana dan prasarananya akan diusulkan dalam anggaran perubahan pada tahun ini,” katanya.

Ia menjelaskan tentang manfaat penting perpustakaan digital, antara lain menghemat waktu, tempat, biaya, dan tenaga. Masyarakat, ujarnya, bisa mendapatkan informasi melalui perpustakaan digital secara cepat. Mereka juga mendapatkan kemudahan akses informasi dari berbagai sumber. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...