Jowonews

Logo Jowonews Brown

Aher Bangga Orang Sunda Kini Berani Merantau

JAMBI, Jowonews.com — Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher mengaku bangga dengan etnis sunda saat ini yang sudah berhasil mendobrak istilah “Kurung Batokeun” (tidak berani ke luar rumah untuk merantau/istilah dalam bahasa Indonesia Katak Dalam Tempurung).

“Kalau saya ketemu dengan gubernur atau wakil gubernur daerah lain, mereka selalu bilang orang sunda itu baik-baik, alhamdulillah orang sunda sekarang sudah tidak lagi ‘kurung batokeun’. Saya melihat orang sunda sekarang sudah jauh lebih berani untuk mengembara,” kata Aher pada acara Pengukuhan Pengurus Forum Komunikasi Masyarakat Jambi Etnis Sunda “Sunda Ngumbara” Provinsi Jambi, di Aula RRI Jambi, Jumat (19/1) malam.

Ia menuturkan saat orang sunda merantau ke sebuah daerah mereka bisa berbaur atau menyatu dengan etnis lain, hal tersebut tidak terlepas dari pepatah silih asah, silih asih dan silih asuh. “Alhamdulillah kita etnis sunda itu selalu menyatu dengan etnis lain. Etnis sunda punya sasanti (peribahasa) silih asah, silih asih, silih asuh dan someah hade ka semah (ramah kepada tamu),” kata dia.

Dihadapan warga Jambi asal Jawa Barat, Gubernur Aher menyampaikan sejumlah pesan seperti ia mengimbau agar etnis sunda di Provinsi Jambi bisa mencari kemajuan bersama-sama warga Jambi lainnya untuk memajukan daerah tersebut dan hal tersebut dinilainya menjadi sebuah kewajiban bagi warga sunda yang merantau.

“Dan biasanya orang yang merantau lebih maju dibandingkan ketika saat ini belum merantau. Oleh karena itu saya berpesan kepada orang Jambil asal Jawa Barat yang sukses jangan dulu pulang lagi ke Jabar karena Jabar sudah sempit. Sepanjang agama, pendiikan dan ekonominya terjaga, jangan dulu pulang. Jambi yang luas wilayahnya lebih besar daripada Jabar, jumlah penduduknya hanya 3 juta jiwa, sedangkan Jabar mencapai 43 juta jiwa,” kata dia.

Menurut dia, semakin seringnya etnis sunda menjalin silahturahmi dengan etnis lain maka hal tersebut dapat menjadi salah satu cara untuk membuka pintu rejeki.

“Silaturahim itu pembuka kemajuan, silaturahim itu pembuka rejeki karena saat kita berkumpul bisa jadi ada peluang bisnis atau dengan bersilaturahim Allah SWT membukakan pintu rejeki seseorang,” kata Aher.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...