Jowonews

Logo Jowonews Brown

Ahok Dinilai Blunder Berpolemik dengan Risma

JAKARTA, Jowonews.com – Direktur Eksekutif Pusat Kajian (Pusaka) Trisakti Fahmi Habsee menilai Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) melakukan ‘blunder’ karena berpolemik dengan Wali Kota Surabaya Trismaharini.

“Sejak awal saya sampaikan kelemahan Ahok adalah ‘menilai diri melebihi harga kurs’. Implikasi akan melihat orang tidak lebih baik dari dia,” ujar Fahmi yang juga intelektual PDI Perjuangan di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan serangan Ahok dengan jalan mendekonstruksi kinerja Risma selaku Wali Kota Surabaya selama ini menunjukkan kualitas Ahok yang tidak mampu membaca psikologis massa dan konfigurasi politik daerah di Jakarta, serta makin menyulitkan partai-partai pendukungnya untuk memenangkan dalam Pilgubnya.

Menurut dia, Ahok harus belajar Pilgub DKI 2012 itu konfigurasi primodial jelas. Bahwa Gubernur harus berasal dari Jawa atau Sunda karena mayoritas pemilih penduduk Jakarta itulah, sehingga Foke yang mengandalkan dukungan etnis Betawi tidak maksimal memenangkan,” katanya.

“Jika pada 2012 PDIP ajukan Ahok-Jokowi? Pasti kalah, ” ucapnya.

Fahmi, lanjutnya, juga menjelaskan analisa bahwa 70 persen etnis Tionghoa yang berada di Jakarta itu biasanya dari daerah Sumatera dan Kalimantan yang berdagang dan berbisnis dari nol merantau ke Jakarta .

“Etnis Tionghoa yang sudah seattle (sukses) bisnis di daerah Jawa cenderung tidak mau tinggal di Jakarta. Makanya menempatkan Ahok dari Babel menjadi cawagub Jokowi saat pilgub 2012 sudah tepat,” ujar fungsionaris Badiklat PDIP ini.

Dikatakannya, sekarang Ahok blunder serang kinerja Risma selaku Wali kota Surabaya. Itu sama saja dengan Ahok memancing serangan primodial (kedaerahan) kepada saudara-saudara dari Jawa Timur dan Jawa Tengah yang tinggal di Jakarta. Mereka seideologi dan sejalan dengan prinsip kerakyatan yang ditampilkan Risma selama ini didaerah kampung halamannya.

“Saran saya Ahok persiapkan diri saja jadi cagub Bangka Belitung. Belajar dan meniru pola komunikasi pemimpin-pemimpin daerah yang ada,” pungkasnya. (jn03/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...