Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Akhirnya Rektor Unnes Batalkan Penarikan SPI

SEMARANG, Jowonews.com – Aksi demo mahasiswa Unnes di kampusnya beberapa waktu lalu ternyata didengar oleh pihak rektorat. Buktinya, pihak kampus mengeluarkan kebijakan membatalkan pemberlakukan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) bagi mahasiswa baru yang melalui jalur mandiri.

“Pemberlakuan SPI bagi mahasiswa dari jalur mandiri, lanjut dia, diperbolehkan Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi, tetapi karena ada penolakan dari mahasiswa akhirnya tidak jadi diberlakukan,” kata Rektor Unnes, Prof Fathur Rokhman.

“Karena SPI tidak jadi diberlakukan, efisiensi kampus akan kami berlakukan, antara lain pengurangan kuota sejumlah beasiswa kepada mahasiswa. Acara-acara seremonial juga dikurang,” lanjutnya.

Fathur mencontohkan upacara wisuda hanya akan dilakukan di tingkat universitas, tingkat fakultas tidak lagi, demikian pula untuk kegiatan mahasiswa ditekankan peningkatan prestasi dan mutu akademik. Meski alokasi anggaran, termasuk beasiswa dibatasi kuotanya, ia mengatakan Unnes tetap akan mengalokasikan anggaran bagi mahasiswa yang berprestasi, tetapi kurang mampu dari sisi ekonomi.

Penerimaan mahasiswa Unnes melalui jalur mandiri, lanjutnya, dibuka mulai 1 Juni ini hingga 14 Juli mendatang dengan kuota yang disediakan sebanyak 1.825 mahasiswa untuk berbagai fakultas. (JN19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...