Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Aksi Minum 1500 Gelas Purwaceng Di Dieng Pecahkan Rekor MURI

Purwaceng

BANJARNEGARA – Kurang lengkap rasanya jika mengunjungi Dieng tanpa mencicipi minuman khas Purwaceng. Bahkan pada acara Dieng Culture Festival (DCF) tahun ini, terdapat agenda pemecahan rekor MURI meminum Purwaceng sebanyak 1500 gelas.

Aksi untuk mempopulerkan minuman tradisional khas Dieng ini dilakukan usai pembukaan DCF di lapangan Arjuna, Desa Dieng Kulon. Aksi minum Purwaceng ini dilakukan oleh warga setempat dan para wisatawan yang sengaja menghadiri DCF.

Salah satu wisatawan asal Indramayu Anggi mengaku baru pertama kali meminum Purwaceng. Menurutnya, rasanya hampir seperti jahe, tapi tidak pedas di lidah.

“Ini baru pertama, rasanya seperti jahe tapi tidak terasa pedas seperti jahe,” ujarnya, dikutip dari Detik Jateng, Jumat (2/9/2022).



Efek setelah minum Purwaceng, hampir sama saat meminum jahe. Minum purwaceng mampu memberikan efek hangat pada tubuh. Hal ini sangat cocok diminum, yang mana saat ini suhu udara di Dieng sudah mulai dingin.

“Setelah minum rasanya di badan hangat. Jadi lumayan bisa untuk menghangatkan. Karena ini udaranya sudah mulai dingin,” sambungnya.

Pemecahan Rekor minum purwaceng merupakan kerjasama antara Pokdarwis Dieng Pandawa dengan Bank Indonesia sebagai sponsor utama DCF pada tahun 2022.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto, Rony Hartawan mengatakan, sebanyak 1.516 gelas Purwaceng diminum bersama. Kegiatan ini juga memecahkan rekor MURI sebagai minuman bersoda terbanyak.

“Ada 1.516 cup purwaceng yang diminum secara bersama-sama. Pemecahan rekor MURI ini sekaligus menandai semangat kebersamaan dalam mewujudkan Dieng sebagai destinasi wisata yang inklusif dan mendukung implementasi green economy yang berkelanjutan,” paparnya..

Purwaceng sendiri merupakan minuman khas Dieng yang mampu memberikan efek hangat pada badan. Sehingga dengan meminum minuman ringan bersama diharapkan dapat menghangatkan tubuh para wisatawan.

BACA JUGA  Pesta Lampion dan Jazz Atas Awan Akan Hadir Kembali di Dieng Culture Festival 2022

“Ini minuman organik khas Dieng dan konon katanya bisa memperbaiki kondisi fisik dan menghangatkan badan,” jelasnya.

Foto: doc. Detik Jateng

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...