Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Amankan Pilkada, Polda Siapkan 14 Ribu Personel

noer aliBanyumas, Jowonews.com – Empat bulan jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Kepolisian Daerah Jawa Tengah menyiapkan sekitar 14.000 personel dalam Pilkada yang dilaksanakan serentak di 21 kabupaten/kota se-Jateng pada 9 Desember 2015.

“Secara umum, pilkada serentak yang akan dilaksanakan bulan Desember, Kepolisian sudah siap. Ada 21 kabupaten/kota, Polda dan jajarannya sudah siap mengamankan itu (pilkada),” kata Kepala Polda Jateng Inspektur Jenderal Noer Ali di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Selasa (4/8).

Menurut dia, masing-masing kepolisian resor (polres) di kabupaten/kota yang menggelar pilkada akan mengerahkan sekitar dua pertiga kekuatan personelnya. Dengan demikian, kata dia, ada sekitar 14.000 personel Kepolisian yang akan terlibat dalam pengamanan pilkada di Jateng.

Selain itu, lanjut dia, personel TNI juga akan ikut membantu Kepolisian dalam pengamanan pilkada, “Kita berpikir bahwa semua ada kerawanannya. Semua wilayah dalam hal ini ada kerawanannya, mulai dari tahapan-tahapan sampai nanti pelantikan,” katanya.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya sudah mengantisipasi kerawanan yang terjadi pada setiap tahapan pilkada.”Saya minta semua calon bupati, wakil bupati, wali kota, dan wakil wali kota yang biasanya siap menang, siap kalah, semua laksanakan dengan benar, jangan hanya omongannya,” kata Kapolda.

Menurut dia, pemahaman itu juga harus dijelaskan kepada pendukung-pendukungnya. Dalam hal ini, jika kalah mau mengakui kekalahannya dan jika menang tidak menjadi sombong. “Semua siap, itu demokrasi, harus siap. Jangan justru ngomongnya siap kalah tapi kalau kalah malah ngamuk. Itu kan enggak benar,” pungkasnya. (JN03)

BACA JUGA  Polda Jateng Siap Antisipasi Penumpukan Kendaraan di Exit Tol Pejagan

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...