Jowonews

Logo Jowonews Brown

Ambulan Seharga 2M untuk Asian Games

JAKARTA,Jowonews.com — Kementerian Kesehatan RI menyiapkan 25 unit mobil ambulans, yang setiap unitnya berharga hampir dua miliar Rupiah, yang dilengkapi sejumlah fasilitas layaknya ICU mini untuk mendukung Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Bambang Wibowo setelah menghadiri apel siaga tim kesehatan Asian Games 2018 di lapangan IRTI Monumen Nasional, Jakarta, Rabu, mengungkapkan bahwa ke-25 unit ambulans tersebut berbeda dari mobil ambulans biasa karena memiliki dimensi yang lebih tinggi dan panjang.

Mobil ambulans tersebut memiliki basis mobil van Sprinter keluaran pabrikan Mercedes Benz. Di dalamnya terdapat sejumlah fasilitas pendukung seperti tabung oksigen, kursi dokter dan perawat, alat bantu pernafasan darurat (ventilator), alat usung pasien(stretcher), dan stimulator detak jantung (debrilator).

“Harganya nyaris hampir dua miliar,” kata Bambang terkait harga per unit ambulans tersebut.

Ambulans tersebut juga memiliki atap yang lebih tinggi sehingga memudahkan pergerakan di dalam dan dimensi yang lebih panjang daripada mobil ambulans pada umumnya di Indonesia.

“Yang penting pada waktu kejadian di dalam ambulans bisa dilakukan pertolongan yang diperlukan. Kemudian waktu sampai di rumah sakit bisa dilakukan pengelolaan sesuai kebutuhan dan kondisi pasien,” kata Bambang.(jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...