Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Angkat Isu Reklamasi Jakarta, Pinnada raih Juara 1 Lomba Esai se-Jateng

SEMARANG, Jowonews.com – Pinnada Suradijaya, mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang berhasil meraih, juara 1 kategori English Essay Competition se-Jawa pada ESA Week 2016 belum lama ini. Mahasiswa Program Studi (Prodi) Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Udinus tersebut mengangkat tema terkait isu reklamasi di teluk Jakarta.

Pinnada yang mengaku baru pertama kali mengikuti lomba tersebut mengaku tak menduga dirinya dapat meraih juara pada lomba yang diadakan di Universitas Negeri Semarang (Unnes) tersebut. “Perasaan saya senang bisa buat bangga orang-orang di sekitar yang sudah men-support saya. Tidak menyangka juga karena ini pertama kali saya ikut ESA,”tuturnya, Kamis (2/6/2016).

Isu tentang reklamasi teluk Jakarta yang sedang hangat dibicarakan di level nasional menjadi bahan yang digunakan oleh Pinnada membuat esai. Melalui karyanya tersebut, mahasiswa berambut panjang ini mengungkapkan beberapa dampak yang diakibatkan dari reklamasi di teluk Jakarta.

“Saya mengambil tema Reclamation of Jakarta Bay karena lagi hot. Dampak yang ditimbulkan dari reklamasi itu ya seperti banjir dan rusaknya ekosistem daerah di sekitarnya,”ujar mahasiswa semester empat ini.

Selain mengkritisi kebijakan tentang reklamasi teluk Jakarta, Pinnada juga memberikan solusi yang ia tulis dalam esai. Menurutnya solusi yang tepat untuk mencegah reklasmasi tersebut adalah adanya pemerataan penduduk, restorasi dan revitalisasi.

Sementara itu, tanggapan positif datang dari Sri Mulatsih, yang tak lain adalah dosen yang membimbing Pinnada selama mengikuti lomba tersebut. Ia mengaku bangga pada anak didiknya tersebut. “Pinnada ini memiliki kemampuan menulis dan berbicara yang sangat baik,” ujarnya.

Sri menambahkan, untuk mencari mahasiswa yang mempunyai dua kemampuan tersebut tidaklah mudah. Oleh karena itu, ia sudah memantau kemampuan dari Pinnada sejak lama sehingga persiapan untuk mengikuti ESA Week 2016 bisa optimal. (jn21/jn03)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...