Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Antisipasi Lonjakan, Pasokan Elpiji 3 Kg Ditambah

TEMANGGUNG, Jowonews.com – Pasokan elpiji ukuran 3 kilogram di Kabupaten Temanggung pada September 2016 ditambah 3.246 tabung per hari untuk mengantisipasi peningkatan permintaan bahan bakar bersubsidi tersebut.

Sekretaris Tim Pengawas Tata Niaga Elpiji 3 kilogram dan BBM jenis tertentu Kabupaten Temanggung Arief Mujiono, mengatakan pasokan elpiji 3 kg selama bulan September ini sebanyak 21.032 tabung per hari.

“Jumlah pasokan tersebut ada penambahan 3.246 tabung per hari dari pasokan reguler sebanyak 17.786 per hari,” katanya, Jumat (16/9).

Ia menuturkan penambahan pasokan tersebut untuk mengantisipasi lonjakan permintaan, khususnya pada perayaan Idul Adha kemarin dan permintaan elpiji hingga saat ini relatif stabil. Menyinggung permintaan elpiji 3 kg bersamaan panen tembakau di Temanggung, dia mengatakan sampai saat ini tidak ada lonjakan permintaan bahan bakar elpiji.

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, lanjutnya, saat panen tembakau permintaan elpiji cenderung meningkat, karena para petani harus kerja lembur untuk merajang tembakau dan hal ini memerlukan tambahan makanan otomatis kebutuhan bahan bakar untuk memasak juga bertambah.

“Biasanya pada bulan Agustus-September permintaan elpiji 3 kilogram tinggi berkaitan dengan panen tembakau tersebut, namun tahun ini permintaan elpiji relatif stabil. Mungkin karena hasil panen tembakau tahun ini kurang bagus karena banyak daun tembakau rusak sebelum dipanen karena hujan pada musim kemarau basah ini,” jelasnya.

Namun, katanya sewaktu-waktu terjadi lonjakan permintaan elpiji 3 kg, pihaknya akan mengajukan tambahan lagi. “Kami telah berkoordinasi dengan pihak Pertamina, jika sewaktu-waktu terjadi lonjakan permintaan, mereka siap untuk menambah pasokan,” tandasnya. (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...