Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Arus Mudik, 8 Juta Lebih Kendaraan Akan Masuk Solo

SOLO, Jowonews.com – Jumlah kendaraan yang masuk ke Kota Solo pada arus mudik Lebaran mendatang diprediksi akan mencapai 8.604.833 unit. Jumlah tersebut baik kendaraan roda dua maupun roda empat, dimana ada yang hanya melintas dan ada yang menjadikan Solo sebagai tujuan akhir mudik. Angka tersebut meningkat dibanding tahun lalu yang berjumlah 7.822.566 unit.

Untuk itu Pemkot Surakarta mulai mengantisipasi kemacetan dan penumpukan kendaraan di wilayahnya. “Sebanyak 11 titik di Kota Solo diprediksi akan menjadi rawan macet selama arus mudik dan balik Lebaran, untuk itu pengguna jalan diminta hati-hati,” kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pemkot Surakarta, Yosca Herman Soedrajad, Jumat (24/6).

Sebanyak 11 titik tersebut meliputi Bundaran Manahan, Viaduk Gilingan, Simpang Gilingan, Simpang Tirtonadi, Coyudan, Simpang Dawung, Bundaran Gladag, Sangkrah, Bundaran Baron, dan Bundaran Purwosari.
“Pusat perbelanjaan, seperti mal dan pasar tradisional, juga berpotensi menjadi lokasi kemacetan. Terutama saat beban puncak arus mudik dan balik mendatang,” katanya.

Ia mengatakan kemacetan tersebut tidak hanya berasal dari meningkatnya jumlah kendaraan yang melintas di Solo, karena bersamaan dengan arus mudik maupun balik. “Warga Solo yang memadati kawasan perbelanjaan juga bisa menambah volume kendaraan di berbagai ruas jalan. Apalagi pusat-pusat perbelanjaan biasanya dipenuhi pengunjung, yang mencari berbagai kebutuhan Lebaran,” imbuhnya.

Dikatakan untuk mengantisipasi kemacetan tersebut, Dishubkominfo sudah menyiapkan sejumlah strategi. Di antaranya menyiapkan kantong-kantong parkir, membatasi arus kendaraan berat yang melintas di dalam kota, serta memaksimalkan petugas lapangan untuk mengatur lalu lintas.

Kabid Lalu Lintas Dishubkominfo Pemkot Surakarta, Sri Baskoro menambahkan, pihaknya juga berencana mengoptimalkan jalur-jalur alternatif di dalam kota guna mengurai kemacetan. Misalnya pemasangan rambu-rambu pengalihan arus lalu lintas khusus mobil pribadi di persimpangan, maupun barikade di lokasi rawan macet. (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...