Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Bandara Ahmad Yani Semarang Luncurkan Smart Stream AI untuk Pengalaman Penerbangan yang Lebih Baik

Bandara Ahmad Yani Semarang

SEMARANGBandara Ahmad Yani Semarang menjadi pionir dalam menghadirkan pengalaman penerbangan yang lebih cerdas dan terdepan bagi para penumpangnya. Teknologi AI canggih ini, yang pertama di Indonesia, mengantarkan Bandara Ahmad Yani Semarang ke era baru dalam pelayanan dan operasional bandara.

Smart Stream AI, sebuah terobosan inovatif dari PT Angkasa Pura I, mengintegrasikan semua sumber daya operasional bandara, melengkapi sistem MOT (Management Operational by Traffic) yang sudah ada. Sistem ini ibarat otak cerdas yang mengendalikan seluruh aspek bandara, mulai dari pergerakan pesawat, penumpang, hingga kendaraan di area landside.

Penerapan AI ini membawa angin segar bagi para penumpang. Informasi akurat tentang layanan dan fasilitas bandara, seperti ketersediaan trolley, kelancaran proses check-in, dan kenyamanan ruang tunggu, tersedia secara real-time. Sistem ini bahkan mampu memprediksi waktu tunggu dan memandu penumpang ke rute yang paling efisien.

Keamanan dan keselamatan juga menjadi prioritas utama. Smart Stream AI memantau seluruh area bandara untuk mendeteksi potensi bahaya dan memastikan kelancaran operasional. Sistem ini membantu petugas keamanan dalam mengidentifikasi dan menangani situasi yang tidak terduga.

Fajar Purwawidada, General Manager Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, menjelaskan, Teknologi ini dirancang untuk memberikan pengalaman terbaik bagi penumpang, mulai dari saat mereka tiba hingga meninggalkan bandara. “Smart Stream AI membantu kami meningkatkan efisiensi, efektivitas, keamanan, dan keselamatan dalam operasional bandara,” terangnya.

Penerapan AI di Bandara Ahmad Yani menjadi contoh nyata bagaimana teknologi dapat meningkatkan kualitas layanan dan operasional di sektor transportasi udara. Inovasi ini membuka jalan bagi masa depan penerbangan yang lebih cerdas dan efisien, mengantarkan para penumpang ke pengalaman yang lebih nyaman dan aman.

BACA JUGA  Hendi : Jangan Ada Sweeping Ormas !

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...