Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Banjir, Pemilih di Pati Naik Perahu ke TPS

PATI, Jowonews.com – Ratusan orang yang akan menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pati 2017, Rabu, terpaksa naik perahu menuju enam tempat pemungutan suara karena rumah mereka dan TPS terhalang banjir.

“Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati menyediakan perahu karet guna memudahkan pemilih menuju TPS dan sebaliknya,” kata anggota KPU Kabupaten Pati Imbang Setiawan di Pati, Rabu (15/2) petang.

Di sela Entry Data dan Scanning Formulis C-KWK, C1-KWK, DAA-KWK, DA1-KWK, dan DB1-KWK pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pati 2017, Imbang mengatakan bahwa kebanyakan di antara mereka yang menggunakan perahu atau jukong milik warga. Misalnya, di Desa Mintobasuki, Kecamatan Gabus.

Ia lantas menyebutkan keenam tempat pemungutan suara yang pemilihnya menggunakan transportasi itu, yakni dua TPS di Desa Ngastorejo, Kecamatan Jakenan; satu TPS di Desa Mintobasuki dan satu TPS di Banjarsari, Kecamatan Gabus; dua Desa Gadudero (Kecamatan Sukolilo).

Anggota KPU Kabupaten Pati Ahmad Jukari menambahkan bahwa tingkat partisipasi di daerah terdampak banjir relatif cukup tinggi. Misalnya, di TPS 2 Desa Ngastorejo, Kecamatan Jakenan, hingga Rabu pukul 12.30 WIB, tercatat 220 pemilih dari total pemilih yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 365 orang, atau 60,27 persen.

Berita sebelumnya, Selasa (14/2), KPU Kabupaten Pati terpaksa memindahkan 29 tempat pemungutan suara (TPS) pada 18 desa di enam kecamatan terdampak banjir. Misalnya, di Kecamatan Juwono sebanyak 13 TPS yang tersebar di Desa Bumirejo, Doropayung, Gadingrejo, Mintomulyo, Growong Kidul, dan Desa Bendar.

Di Kecamatan Gabus ada enam TPS yang berada di Desa Babalan, Banjarsari, Kosekan, Mintobasuki, dan Tanjang.

Selain itu, di Kecamatan Jakenan terdapat empat TPS yang berada di Desa Karangrowo, Ngastorejo, dan Tondomulyo; Kecamatan Pati tercatat dua TPS yang berada di Desa Mustokoharjo dan Puworejo.

Berikutnya, dua TPS di Desa Sundoluhur (Kecamatan Kayen) dan dua TPS di Desa Gadudero (Kecamatan Sukolilo).

Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pati 2017 hanya diikuti satu pasang calon, Haryanto-Syaiful Arifin.(jn22/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...