Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Bantuan Keuangan Parpol Kuatkan Perpolitikan Tanah Air

SURAKARTA, Jowonews.com – Ketua Komisi A DPRD Jateng Masruhan Samsurie menyatakan, bantuan keuangan kepada partai politik (parpol) sangat membantu untuk penguatan sistem perpolitikan Tanah Air.

Dengan adanya bantuan keuangan tersebut, parpol bisa memberikan pelajaran politik kepada warga.

Hal tersebut diungkapkannya saat menjadi narasumber dalam seminar yang dilaksanakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Jawa Tengah, di Sala View Hotel Surakarta, Rabu (2/5/2018). Seminar mengambil tajuk “Penguatan Sistem dan Implememtasi Kelembagaan Partai Politik”. 

Saat menjadi narasumber, Masruhan mengangkat tema “Bantuan Parpol sebagai Upaya Peningkatan Fungsi Parpol. Dalam paparannya, sosialisasi Peraturan Pemerintah No 1/2018 tentang Perubahan Kedua atas PP No 5/2009 tentang Bantuan Keuangan Partai Politik sangat diperlukan, sepanjang dikelola secara wajar, transparan dan akuntabilitas. 

“Pengaturan bantuan keuangan partai politik secara transparansi dan akuntabilitas sangat diperlukan untuk menjadikan bantuan parpol dikelola dengan baik dan sesuai aturan,” ujar Masruhan.

Dalam aturan, bantuan keuangan partai politik dapat digunakan untuk pendidikan politik dan operasional sekretariat partai. Sebagaimana fungsi partai politik bahwa pendidikan politik dipergunakan untuk meningkatkan wawasan kepartaian bagi kader dan masyarakat.

“Diharapkan penggunaannya bisa sesuai aturan, akuntantabel dan transparansi,” pungkasnya. (ADV/JWN3)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...