Jowonews

Logo Jowonews Brown

Bantuan RI untuk Rohingya Disalurkan Lewat Darat

JAKARTA, Jowonews.com — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan bantuan Indonesia untuk etnis Rohinya disalurkan lewat jalur darat setelah sampai di Bandar Udara Internasional Hazrat Shah Amanat, Chittagong, Bangladesh pada Kamis pukul 12.00 waktu setempat.

“Selanjutnya bantuan akan disalurkan melalui jalur darat menuju Cox’s Bazar yang berjarak 157 km dari Chittagong,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho kepada wartawan di Jakarta, Kamis (25/1).

Dia mengatakan pengiriman bantuan dari Indonesia menggunakan pesawat Hercules yang bertolak dari Bandar Udara Iskandar Muda dan mendapatkan dukungan dari TNI AU yang dipimpin oleh Marsekal Muda Anang.

Perwakilan Kedutaan Besar Indonesia Sirajul Islam menerima kedatangan tim kemanusiaan yang dikawal BNPB. Kedutaan Besar Indonesia di Dhaka sangat membantu dalam memfasilitasi pengiriman bantuan hingga dikirimkan ke Cox’s Bazar.

Bantuan kemanusiaan yang diberikan terdiri atas 12 jenis seperti makanan tambahan gizi bayi dan ibu hamil, peralatan sekolah, lampu darurat dan family kits. Bantuan dengan total 10,43 ton akan didistribusikan oleh organisasi mitra dari pemerintah setempat.

Pengiriman bantuan kemanusiaan itu merupakan kedua kalinya bagi para pengungsi dari Rakhine State, Myanmar, yang masih tinggal di Bangladesh. Bantuan kemanusiaan yang diberikan oleh Presiden Jokowi menunjukkan Pemerintah Indonesia konsisten terhadap permasalahan kemanusiaan dan perdamaian, khususnya yang dialami para pengungsi. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...