Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Bawaslu Jateng Awasi Penyusunan Pemilih Pemilu 2019

SEMARANG, Jowonews.com – Badan Pengawas Pemilu Provinsi Jawa Tengah mengawasi tahapan penyusunan daftar pemilih tetap pada Pemilu 2019 yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum.

“Bawaslu fokus mengawal tahapan perbaikan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan penetapan DPT di 35 kabupaten/kota se-Jateng,” kata Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Jateng, Anik Solihatin di Semarang, Rabu (22/8/2018).

Pada pekan ini, penyusunan daftar pemilih sudah sampai pada tahap penetapan daftar pemilih tetap (DPT) di tingkat kabupaten/kota Provinsi Jateng.

Ia menegaskan, pada prinsipnya Bawaslu Jateng sangat fokus terkait dengan akurasi dan validitas data pemilih.

“Jangan sampai ada pemilih yang tidak memenuhi syarat, tapi masih tercantum dalam daftar pemilih. Sebaliknya, jangan sampai ada pemilih yang memenuhi syarat tapi malah tidak masuk dalam daftar pemilih,” ujarnya.

Menurut dia, jajaran Bawaslu di tingkat kabupaten/kota se-Jateng juga sudah ikut mengawasi, bahkan menyampaikan sejumlah masukan dan rekomendasi kepada KPU di masing-masing kabupaten/kota.

Seperti diketahui, rapat pleno penetapan DPT rata-rata sudah dilakukan KPU di masing-masing kabupaten/kota se-Jateng pada Selasa (21/8). (JWN3/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...