Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Bawaslu Pastikan Tak Ada Permainan Dalam Seleksi Panwascam

 

bawaslu_logoSEMARANG, Jowonews.com – Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Jateng  menjamin tidak ada permainan apapun terkait seleksi Panwascam di 340 kecamatan yang tersebar di 21 kabupaten/ kota.

Data yang dihimpun Bawaslu Jateng, dari 21 kabupaten/kota yang melakukan pembukaan pendaftaran Panwascam, ada 4 kabupaten kota yang mengalami kekurangan kuota pendaftar. Karena kuota pendaftar menerut ketentuan yang ada, masing-masing kecamatan setidaknya harus minimal ada 6 calon yang nantinya akan mengikuti tes tertulis.

“Tiap kecamatan minimal harus ada 6 pendaftar untuk mengikuti tahapan seleksi berikutnya, sedangkan dari data yang ada, Kabupaten Semarang ada kekurangan pendaftar di 8 kecamatan, Kabupaten Purbalingga kekurangan pendaftar di 1 kecamatan, Kabupaten Sukoharjo kekurangan pendaftar di 1 kecamatan dan Surakarta kekurangan pendaftar di 2  kecamatan” kata Koordinator Divisi SDM Bawaslu Jateng Juhana didampingi Koordinator Divisi Humas dan Hubungan Antar Lembaga Teguh Purnomo, Senin (25/5).

Selanjutnya Teguh merinci kekurangan dari kuota 6 itu antara lain Kabupaten Semarang ada di Kecamatan Bandungan, Sumowono, Jambu, Bawen, Bergas, Getasan, Pringapus dan Pabelan.

Untuk Kabupaten Purbalingga kekurangan ada di Kecamatan Karangreja, Kabupaten Sukoharjo di Kecamatan Gatak dan Kota Surakarta di Kecamatan Pasar Kliwon dan Kecamatan Serengan. Khusus kecamatan yang kuotanya kurang, pendaftaran masih diperpanjang sampai tanggal 25 mei 2015 ini.

Teguh menambahkan bagi mereka yang dinyatakan lolos persyaratan administratif dapat melihat pengumuman pada tanggal 26 Mei 2015, tahap seleksi berikutnya adalah seleksi tertulis yang akan diadakan secara serentak pada tanggal 29 Mei 2015.

“Selesksi tertulis ini nantinya untuk menyaring calon menjadi 6 sampai 9 sesuai kebijakan Panwas kabupaten/kota dengan disupervisi langsung oleh Tim Bawaslu Jateng yang diterjunkan ke masing-masing kabupaten/kota. Koreksi tetep ditunggui oleh kami, sampai tim kami pulang ke Semarang sudah membawa hasil test tertulis”, tandas Teguh yang juga mantan Ketua KPU Kabupaten Kebumen ini.

BACA JUGA  PKB Dipinang Tiga Parpol

Bawaslu Jateng menjamin, untuk test tertulis ini tidak ada permainan apapun yang bisa dilakukan para pihak, karena soal baru diserahkan pada hari H ( Jum’at, 29 Mei 2015 ) pagi sebelum test tertulis dimulai. Soal ada 100 buah, terdiri dari pilihan ganda, dan begitu selesai langsung dikoreksi dengan supervisi Tim Bawaslu Jateng, tambah Teguh. (JN01)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...