Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Bawaslu Temukan 2.000-an DPT Data Ganda di Semarang

SEMARANG, Jowonews.com ––  Badan Pengawas Pemilu menemukan ribuan data ganda daftar pemilih tetap (DPT) Pemilihan Umum (Pemilu 2019) di Kota Semarang. Komisi Pemilihan Umum Kota (KPU) Semarang diminta menindaklanjuti temuan itu dengan memperbaiki DPT.

“Data ini sudah kami rekomendasikan ke KPU Kota Semarang pada 24 Agustus 2018 untuk ditindaklanjuti,” kata Komisioner Bawaslu Kota Semarang, Nining Susanti, Semarang, Jawa Tengah, Senin, 10 September 2018.

Temuan data pemilih ganda di Kota Semarang berjumlah 2.830 DPT. Mereka terdiri dari 1.326 pemilih laki-laki dan 1.504 pemilih perempuan.

“Kami menemukan 2.830 data ganda NIK, nama dan tempat tanggal lahir,” ujar Nining menegaskan.

KPU Kota Semarang belum menindaklanjuti temuan DPT ganda tersebut. Hingga saat ini, Bawaslu masih menunggu undangan KPU menggelar pertemuan tripartit bersama 16 partai politik peserta Pemilu untuk membahas persoalan tersebut.

“Untuk rencana pertemuan tripartit kami masih menunggu info KPU,” tegas Nining.

Bawaslu Kota Semarang sudah diturunkan ke seluruh Panwaslu tingkat kelurahan dan kecamatan untuk melakukan verifikasi faktual. Hasil verifikasi ini akan dibawa dalam pertemuan tripartit KPU Kota Semarang.(jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...