Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Benih Padi Unsoed 79 Mulai Dibagikan

PEMALANG, Jowonews.com — Benih padi varietas Inpari Unsoed 79 Agritan mulai diproduk dan didistribusikan oleh CV Gemilang Karya Sentosa, Banyumas, Jawa Tengah, di bawah pembinaan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto serta Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

“Padi Inpari Unsoed 79 Agritan yang dirakit oleh Dr. Suprayogi dan Dr. Noor Farid dari Fakultas Pertanian Unsoed Purwokerto ini spesifik untuk lahan salin atau lahan-lahan pinggir pantai yang kadar garamnya tinggi,” kata Direktur CV Gemilang Karya Sentosa Fatkhurrohman di Desa Nyamplungsari, Kecamatan Petarukan, Pemalang, Selasa (15/8).

Ia mengatakan pihaknya telah memasuki tahun kedua dalam memroduksi dan mendistribusikan benih padi Inpari Unsoed 79 Agritan untuk memenuhi kebutuhan petani.

Dalam hal ini, produksi pertama pada tahun 2016 dengan melakukan penangkaran benih Inpari Unsoed 79 Agritan di Ajibarang, Kabupaten Banyumas, dan dapat menghasilkan benih sebanyak 20 ton.

Menurut dia, benih hasil penangkaran sebanyak 20 ton tersebut selanjutnya dibudidayakan pada lahan seluas 400 hektare yang tersebar di Kabupaten Cilacap, Kebumen, Pemalang, dan Kota Tegal masing-masing 100 hektare serta tambahan di Pekalongan seluas 50 hektare.

“Pada tahun 2018, kami bersama Unsoed berencana mengembangkan di wilayah Provinsi Jateng terutama yang mempunyai lahan salin,” katanya.

Ia mengatakan berdasarkan data, di Jawa Tengah terdapat 11 kabupaten/kota yang memiliki wilayah pantai dengan potensi lahan salin secara keseluruhan lebih kurang 10.000 hektare.

Dari luasan tersebut, lahan salin yang potensial untuk budi daya padi Inpari Unsoed 79 Agritan diperkirakan sekitar 8.000 hektare. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...