Jowonews

Logo Jowonews Brown

Bentuk Karakter Positif Pelajar lewat Popda

Popda Wonosobo

WONOSOBO – Ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda), yang digelar setahun sekali, dapat dimanfaatkan sebagai sarana menumbuhkan karakter pelajar yang disiplin dan tangguh.

Harapan tersebut disampaikan Wakil Bupati Wonosobo Muhammad Albar, pada acara pembukaan Popda Wonosobo Tahun 2023, dengan tema “Transformasi Olahraga Pelajar Dalam Rangka Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila”, di Alun-alun Wonosobo, Selasa, (7/3/2023).

“Jadikan olahraga sebagai dinamisator pembangunan karakter sumber daya manusia yang selaras dengan terbentuknya generasi yang lebih menghargai waktu, mematuhi peraturan, dan dapat berperan lebih dalam memajukan masyarakat, bangsa serta negara,” ungkapnya.

Albar juga meminta seluruh peserta untuk menjunjung tinggi semangat kejujuran dan sportivitas berlandaskan kompetensi dan jiwa ksatria, sebagai bentuk dari profil pelajar berjiwa Pancasila.



Menurutnya, pembinaan olahraga sejak dini efektif dilaksanakan melalui sekolah. Sekolah memiliki peranan yang penting dalam menjaring bakat-bakat muda olahraga.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Wonosobo, Tono Prihatono menambahkan, gelaran Popda tahun 2023 diikuti lebih dari 2.000 orang peserta dari 15 kecamatan, usia Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA). Mereka akan berkompetisi dalam 11 cabang olahraga, pada 6-11 Maret 2023.

“Saya berharap, Popda ini benar-benar menjadi wadah dan sarana pembuktian bagi atlet pelajar, sehingga atlet muda potensial dapat terpantau dan terus dibimbing untuk meraih prestasi tertinggi,” ungkap Tono.

Lebih lanjut, Popda sekaligus sebagai tolok ukur pembinaan prestasi olahraga pelajar, serta memilih atlet terbaik yang akan mewakili Kabupaten Wonosobo pada ajang lebih tinggi, baik tingkat karesidenan, provinsi, maupun nasional.

“Ada beberapa cabor (cabang olahraga) unggulan yang berpotensi kembali mendulang emas, salah satunya cabang gulat,” pungkasnya.

(Diskominfo Jateng)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...