Jowonews

Logo Jowonews Brown

BMKG Himbau Evakuasi Korban Longsor Banjarnegara Sampai Siang Hari

Longsor di banjarnegara. (Foto : Jowonews)
Longsor di banjarnegara. (Foto : Jowonews)
Longsor di banjarnegara. (Foto : Jowonews)

SEMARANG, Jowonews.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Tengah mengimbau proses evakuasi dan pencarian korban longsor di Kabupaten Banjarnegara pada pagi hingga siang hari saja. Sebab prakiraan cuaca pada sore hingga malam hari potensi terjadi hujan sedang hingga lebat. Sehingga akan membahayakan para tim yang bertugas di lapangan.

Kepala Seksie Data dan Informasi BMKG Jateng, Reni Kraningtyas mengatakan, wilayah Jateng bagian tengah, selatan, dan timur berpotensi terjadi cuaca ekstrim dalam beberapa hari ke depan. Kabupaten Banjarnegara masuk dalam bagian tengah. Dalam satu sampai dua hari ke depan intensitas hujan bisa mencapai 50 hingga 100 milimeter per jam.

‘’Potensi cuaca ekstrim atau hujan sedang hingga lebat bisa terjadi dalam beberapa hari ke depan. Dominan hujan sedang hingga lebat diperkirakan akan terjadi pada sore hingga malam. Sehingga kami mengimbau evakuasi atau pencarian korban longsor di Banjarnegara sebaiknya pada pagi hingga siang hari,’’ katanya, Ahad (14/12/2014).

Cuaca ekstrim pada musim penghujan ini diperkirakan bakal terjadi hingga bulan April 2015 mendatang. Sementara puncak hujan diprediksi terjadi pada bulan Januari. ‘’Kita prediksi puncak hujan terjadi pada bulan Januari 2015, namun potensi cuaca ekstrim seperti hujan deras, angin kencang, sekarang pun mulai terjadi dan akan berlangsung hingga bulan April 2015,’’ tegasnya.

Pihaknya mengimbau di wilayah lainnya, termasuk Kota Semarang, masyarakatnya juga untuk selalu waspada. Utamanya yang berada di wilayah rawan banjir dan tanah longsor. Utamanya pada bulan Januari, sebab di bulan itu intensitas hujan akan semakin tinggi, termasuk cuaca ekstrim.

‘’Kalau puncak musim hujan itu potensi cuaca ekstrim juga akan sering. Jadi dari sekarang harus waspada,’’ katanya.

BACA JUGA  Jalan Antar Desa di Banjarnegara Tertimbun Longsor

Jika sekarang intensitas hujan terjadi mulai sore dan malam hari, memasuki Januari intensitas hujan akan semakin tinggi, karena hujan lebih sering terjadi mulai pagi hingga sepanjang hari. Saat ini intensitas hujan sudah di atas 20 milimeter per jam. Angka itu sudah masuk dalam kategori deras.

Puncak musim hujan intensitas bisa mencapai 100 milimeter per jam. Dengan intensitas hujan setinggi itu, maka potensi longsor juga semakin tinggi. Karena kondisi tanah sudah jenuh diguyur hujan yang begitu sering.(JN06)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...