Jowonews

Logo Jowonews Brown

BMKG Prakirakan Peluang Hujan Bulan April di Banjarnegara

BANJARNEGARA, Jowonews.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan bahwa wilayah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, masih berpeluang hujan dengan curah hujan menengah pada bulan April 2019 mendatang.
 

“Sejak tanggal 21 – 30 Maret hingga awal bulan April 2019 mendatang, Kabupaten Banjarnegara berpeluang hujan dengan kategori menengah 101 – 50 milimeter per dasarian,” kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhi di Banjarnegara, Minggu.
 

Selain Kabupaten Banjarnegara, kabupaten lain yang ada di sekitar Banjarnegara seperti Banyumas dan Purbalingga, kata dia, juga berpeluang hujan dengan kategori menengah.
 

Untuk itu, BMKG terus mengingatkan seluruh masyarakat setempat agar selalu meningkatkan kewaspadaannya terutama mereka yang tinggal di lokasi yang rawan bencana tanah longsor.
 

Hal tersebut disampaikan mengingat sejumlah wilayah di Kabupaten Banjarnegara merupakan wilayah yang rawan bencana tanah longsor.
 

Sementara itu, dia juga menambahkan berdasarkan analisis curah hujan wilayah Kabupaten Banjarnegara per dasarian diketahui bahwa pada bulan Maret dasarian II tanggal 11-20 curah hujan di wilayah kabupaten Banjarnegara pada umumnya memiliki curah hujan kriteria tinggi yaitu 151 – 300 milimeter per dasarian.
 

Pada dasarian II tanggal 11 – 20 Maret 2019, hari tanpa hujan di wilayah Kabupaten Banjarnegara pada umumnya dalam kategori masih ada hujan dan sangat pendek yaitu satu hingga lima hari.
 

Dia menambahkan, pihaknya juga secara berkala menyebarluaskan informasi cuaca kepada para pemangku kepentingan yang ada di Banjarnegara termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah Banjarnegara.
 

“Kami terus berkoordinasi dengan instansi terkait termasuk BPBD Banjarnegara sebagai salah satu upaya mitigasi bencana,” katanya.
 

Sementara itu, BMKG juga menginformasikan bahwa pada dasarian II Maret 2019 hingga dasarian II April 2019 diketahui bahwa curah hujan di hampir seluruh wilayah di Provinsi Jawa Tengah pada umumnya dalam kriteria menengah.
 

BACA JUGA  Musim Hujan Waspada Penyakit Leptospirosis !

Sementara pada dasarian III Maret hingga dasarian II April 2019 curah hujan di Jawa Tengah umumnya dalam kriteria menengah yaitu 51 – 150 milimeter per dasarian. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...