Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

BMKG: Sejumlah Wilayah di Jateng Berpotensi Hujan di Malam Hari

BANJARNEGARA, Jowonews.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan ada potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di sejumlah wilayah di Jawa Tengah pada malam hari.

“Hujan ringan hingga sedang berpotensi tersebar di wilayah Jateng pada awal malam hingga dini hari,” kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Selasa.

Wilayah dimaksud di antaranya Cilacap, Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, dan Purworejo, Wonosobo, Mungkid, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, dan Karanganyar, Sragen, Purwodadi, Blora, Rembang, Pati, Kudus, dan Jepara.

Selain itu, Demak, Ungaran, Temanggung, Kendal, Batang, Kajen, Pemalang, dan Slawi, Brebes, Magelang, Surakarta, Salatiga, Semarang, Pekalongan, Tegal, Bumiayu, Majenang, dan Ambarawa.

Sementara itu, BMKG juga memprakirakan bahwa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah pegunungan bagian tengah dan sebagian Semenanjung Muria.

Sementara itu, BMKG juga memprakirakan tinggi gelombang di Laut Jawa sekitar 0,2 hingga 1,5 meter.

Sementara di perairan Selatan Jawa Tengah sekitar 1,25 hingga 4 meter.

Untuk itu, BMKG, kata dia, kembali mengingatkan masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan karena hujan dengan intensitas tinggi dan durasi yang lama dapat memicu bencana tanah longsor.

“Khususnya bagi masyarakat yang tinggal di wilayah berpotensi hujan lebat, terutama di daerah rawan banjir dan longsor terutama di daerah dataran rendah, daerah cekungan, bantaran kali atau sungai, perbukitan, dan lain sebagainya,” katanya. (JWN3/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...