Jowonews

Logo Jowonews Brown

BNN Usulkan Tes Rambut Calon Kada 2017, Ini Alasannya….

JAKARTA, Jowonews.com – Badan Narkotika Nasional mengusulkan dilakukannya tes rambut untuk calon kepala daerah yang akan mengikuti Pilkada 2017 agar lebih akurat.

“Tes rambut ini lebih akurat daripada tes urine, air dalam tubuh bisa berganti terus, dalam tiga hari hingga seminggu itu bisa bersih,” ujar Direktur Peran Serta Masyarakat BNN Sinta Dame Simanjuntak usai Rapat Koordinasi Evaluasi Pilkada 2015 di Gedung KPU, Jakarta, Senin.

Tes urine meskipun akurat, kata Sinta Dame, bersifat situasional, yakni ketika dalam seminggu pihak yang dites tidak menggunakan narkoba saat dites tidak akan terindikasi apa pun.

Sementara jika tes rambut, zat-zat bisa diketahui karena tidak berubah strukturnya saat zat-zat sudah terserap rambut.

“Ada kisaran waktunya (tes rambut), nanti kami lihat bisa satu bulan sampai tiga bulan dan itu pun dilihat jenis apa yang mau diperiksa lagi,” tutur Sinta.

Alat pengecek rambut, ujar Sinta, kini hanya tersedia di BNN , belum tersedia di BNN provinsi karena pihaknya ingin tes rambut dilakukan secara tersentralisasi.

Jika tes rambut disetujui KPU untuk Pilkada 2017, maka ia meminta adanya mekanisme yang jelas dan rapi karena tes rambut memerlukan waktu tiga hari.

“Harus ada mekanisme yang benar-benar rapi, dari daerah pengiriman barang sehari bisa, mengirim kembali sehari tidak ada masalah, butuh waktu tiga hari,” kata dia.

BNN memastikan dapat melakukan tes rambut untuk calon kepala daerah di 101 daerah pada Pilkada 2017 karena berpengalaman pernah melakukan tes rambut pada semua pegawai BNN yang berjumlah ratusan dalam waktu tiga hari.

Untuk biaya yang dibutuhkan dalam tes rambut, Sinta belum bisa memastikan karena perlu melihat parameter narkoba yang digunakan.

BACA JUGA  Kepala BNN Sebut Ada 74 Narkoba Jenis Baru Beredar di Indonesia

Sementara itu, KPU akan berdikusi dengan BNN terkait proses Pilkada dan diharapkan kerja sama dengan BNN masuk ke dalam UU Pilkada. (Jn16/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...