Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Bonorejo Dijadikan Kampung KB

SALATIGA,Jowonews.com– Kampung Bonorejo, Kelurahan Blotongan, Kecamatan Sidorejo dicanangkan menjadi Kampung Keluarga Berencana (KB). Pencanangan tersebut diresmikan oleh Walikota Salatiga, Yuliyanto di RW 05 Kampung Bonorejo, Selasa (15/3).

Dalam kesempatan itu, Walikota berharap agar semua stakeholder ikut menyukseskan program keluarga berencana di Salatiga. “Saya harap pencanangan ini dapat memberikan manfaat bagi warga Salatiga pada umumnya dan warga Bonorejo pada khususnya. Peran aktif masyarakat serta dukungan dari para tokoh masyarakat dan tokoh agama sangat diperlukan untuk menyukseskan program ini,” ujar Walikota.

Sementara itu, Kepala Bidang KB Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan, KB dan Ketahanan Pangan (Bapermas-KB) Kota Salatiga, Martini mengatakan, launching Kampung Bonorejo sebagai Kampung KB adalah supaya meningkatkan jumlah akseptor KB, tidak hanya di Blotongan namun juga di Salatiga.

“Jumlah program KB untuk kaum laki-laki khususnya melalui vasektomi masih rendah dan kurang diminati. Selama beberapa tahun belakangan ini jumlahnya kurang  dan per tahun hanya 12 orang saja,” ujar  Martini.

Ia menambahkan bahwa jumlah aseptor KB di Salatiga adalah 27.000 orang dari 34.000 sasaran. Itu artinya ketercapaian program KB di Salatiga adalah 78%. Akseptor KB didominasi KB suntik dengan prosentase 52% pada kaum perempuan. “Sedangkan untuk KB laki-laki kurang lebih 5 %, terbagi dengan alat kontrasepsi berupa kondom dan vasektomi,” ujar Martini.(jn01/Jn16)

BACA JUGA  Kepala BKKBN: 14.581 Kampung KB Telah Berdiri Sejak 2016

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...