Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Genjot Wisatawan Manca, Borobudur Dipromosikan di Thailand

MAGELANG, Jowonews.com – Destinasi wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko gencar dipromosikan ke Thailand melalui event, Thai International Travel Fair (TITF) yang berlangsung di Queen Sirikit National Convention, Thailand. Promosi dilakukan oleh PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, perusahaan di bawah Badan Usaha Milik Negara.

“Keikutsertaan PT TWCBPRB dalam Thai International Travel Fair (TITF) itu untuk ikut mempromosikan destinasi wisata religi dan edukasi,” kata Associate Marketing Support PT TWCBPRB, Agus Susanto.

Ia mengatakan TITF 2016 yang diselenggarakan oleh Thai Travel Agents Association pada 17-21 Februari lalu, diikuti para pengelola kepariwisataan unggulan dunia berasal dari berbagai negara.

Ia mengatakan PT TWCBPRB bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Provinsi DIY dan Kedutaan Besar RI di Bangkok, Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia, ikut dalam kegiatan tersebut. Ajang tersebut, katanya, juga untuk mempromosikan berbagai aktivitas lainnya terkait dengan potensi wisata, termasuk kegiatan sosial dan budaya masyarakat sekitar objek wisata.

Ia menjelaskan gerai pameran wisata yang dibuka PT TWCBPRB pada ajang tersebut mendapat sambutan antusias masyarakat Thailand yang mayoritas pemeluk Buddha.”Kami buka ‘stand’ pameran, untuk memberikan berbagai informasi wisata yang kami kelola. Mereka mengunjungi ‘stand’ kami dan menanyakan berbagai hal tentang kepariwisataan candi yang kami kelola,” ujarnya.

Selama ini, pihaknya mengelola kepariwisataan Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, yang letaknya di kawasan perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan DIY.
Candi Borobudur yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, sebagai salah satu destinasi wisata unggulan Indonesia. Candi yang juga warisan budaya dunia itu, dibangun sekitar abad ke-8 pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra.

“Terlebih Candi Borobudur sebagai candi Buddha terbesar di dunia, sedangkan mayoritas masyarakat Thailand beragama Buddha, sehingga promosi ke Thailand sebagai kesempatan yang baik untuk menarik masyarakat dari negeri itu berkunjung ke Candi Borobudur,” katanya.

Selain itu, katanya, keikutsertaan pihaknya pada kegiatan tersebut semakin memperkuat jalinan kerja sama antara kedua negara karena akan berpengaruh terhadap peningkatan kunjungan wisata ke Indonesia, terutama Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko.

Ia mengharapkan peningkatan infrastruktur, seperti bandara dan pelabuhan di Yogyakarta dan Jawa Tengah, bisa segera diwujudkan agar upaya meningkatkan kunjungan wisata bisa tercapai. Upaya promosi wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, selama ini juga dilakukan PT TWCBPRB ke berbagai negara lainnya dan berbagai kota besar di Indonesia. (JN19/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...