Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

BPBD Antisipasi Kebakaran Lereng Pegunungan

SEMARANG, Jowonews.com – Jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Tengah mengantisipasi kebakaran di daerah lereng pegunungan pada musim kemarau dengan menyiagakan personel dan peralatan yang ada.

“Ini yang harus diantisipasi agar tidak terjadi peristiwa kebakaran besar seperti 2015, di mana semua gunung mengalami kebakaran,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Jateng Sarwa Pramana di Semarang, Kamis (7/9/2017).

Ia mengungkapkan, lokasi pegunungan yang rawan kebakaran pada musim kemarau tahun ini antara lain, Gunung Gandul Kabupaten Wonogiri, lereng Gunung Tidar Magelang, lereng Gunung Merapi, dan Gunung Lawu, serta lahan tebu di Kabupaten Kudus.

Ia menyebut tantangan yang dihadapi dalam menghadapi kebakaran gunung pada musim kemarau tahun ini lebih berat daripada tahun-tahun sebelumnya.

Menurut dia, hal tersebut karena ketersediaan sumber air bersih kini sangat minim.

“Di gunung-gunung tidak ada sumber mata air yang mencukupi, kalaupun ada jaraknya sangat jauh sehingga jika ada kebakaran di kaki gunung kita harus mengambil air terlampau jauh,” ujarnya.

Kondisi seperti itu ditemui BPBD saat berusaha memadamkan api di lahan tebu yang dua kali terbakar di Kabupaten Kudus.

“Semua pihak perlu mengantisipasi naiknya temperatur udara ditambah tiupan angin kencang saat puncak kemarau selama September,” katanya.

Sarwa mengimbau kepada masyarakat agar tidak membakar lahan kering, termasuk para pendaki gunung juga diminta tidak menyalakan api unggun saat mendaki gunung.

“Yang paling utama itu petani setempat jangan membakar lahannya karena percikan api mudah merembet ke pepohonan yang memicu kebakaran hutan,” ujarnya. (JWN3/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...