Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Brebes Raih Penghargaan Baznas Award, Bukti Komitmen Dukung Pengelolaan Zakat

Baznas Award

BREBES – Penjabat Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar menerima penghargaan Baznas Award dalam kategori Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Baznas. Penghargaan ini diserahkan oleh Ketua Baznas RI Noor Ahmad di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (29/2/2024).

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas komitmen Pemkab Brebes dalam mendukung pengelolaan zakat melalui Baznas Kabupaten Brebes. Iwanuddin menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Brebes yang telah sadar akan pentingnya membayar zakat melalui Baznas.

“Terima kasih atas penghargaan ini. Semoga menjadi berkah dan Baznas Brebes semakin maju,” ujar Iwanuddin.

Ketua Baznas Brebes Abdul Haris menjelaskan bahwa Baznas Brebes memiliki keunggulan, yaitu Rumah Sehat Baznas (RSB) yang memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi warga miskin. Setiap hari, RSB melayani sekitar 70 orang pasien.

Pada tahun 2022, Baznas Brebes berhasil mengumpulkan zakat, infak, dan sedekah sebesar Rp6,1 miliar. Jumlah tersebut meningkat menjadi Rp9,02 miliar pada tahun 2023. Dana yang terkumpul ini disalurkan ke berbagai bidang, seperti pendidikan, bencana, ekonomi produktif, keagamaan, dan kesehatan.

“Untuk penyaluran dana, kami mengalokasikan 90 persen dari penerimaan yang ada,” ungkap Haris.

Penyaluran zakat produktif dilakukan dalam bentuk pelatihan dan pemberian modal. Sementara itu, penyaluran zakat konsumtif meliputi program Peduli Bencana, bantuan bagi lansia, penanganan stunting, dan lainnya.

Penghargaan Baznas Award ini menjadi bukti komitmen Pemkab Brebes dan Baznas Brebes dalam mengelola zakat secara profesional dan transparan. Dengan demikian, dana zakat dapat dimanfaatkan secara optimal untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

BACA JUGA  Warga Jalawastu Brebes Gelar Ritual Ngasa Untuk Melestarikan Adat Sunda Wiwitan

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...