Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Bulog akan Bangun Penggilingan Beras Modern

SEMARANG, Jowonews.com – Perum Bulog Divisi Regional Jawa Tengah akan membangun “rice milling” atau unit penggilingan beras modern untuk menjaga ketersediaan beras pascapanen.

“Tepatnya pada tahun ini kami memperoleh penyertaan modal negara. Secara nasional disediakan Rp2 triliun yang dibagi untuk tujuh provinsi sentra beras, salah satunya Jawa Tengah,” kata Kepala Perum Bulog Divisi Regional Jawa Tengah Djoni Nur Ashari di Semarang, Selasa (7/2).

Menurutnya, Jawa Tengah akan memperoleh anggaran kurang lebih Rp300 miliar. Untuk lokasi pembangunannya sendiri, sampai saat ini masih menunggu hasil dari proses studi kelayakan.

Dikatakan, tiga unit “rice milling” nantinya akan dilengkapi dengan tiga unit “dryer” berkapasitas 135.000 ton beras/tahun.

Selain itu, ada pula 12 unit silo atau tabung beras untuk penyimpanan gabah dengan kapasitas total 36.000 ton/tahun. Selanjutnya akan dibangun pula tiga unit “milling” atau mesin penggilingan dengan kapasitas 140.000 ton/tahun.

“Kami juga akan membangun mesin “rice to rice” yang fungsinya untuk memproses beras asalan diolah menjadi beras dengan kualitas bagus. Nantinya akan dibangun tiga unit dengan kapasitas 46.000 ton/tahun,” katanya.

Dia mengatakan, tidak hanya fasilitas penyimpanan beras dan gabah yang akan dibangun oleh Bulog tetapi juga “drying center” untuk komoditas jagung.

“Tepatnya nanti ada dua unit “dryer” jagung yang kapasitasnya 27.500 ton/tahun dan silo jagung sebanyak 5 unit dengan total kapasitas 15.000 ton/tahun,” tandasnya. (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...