Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Bulog Kedu Siap Gelar Operasi Pasar

MAGELANG, Jowonews.com – Perum Bulog Sub Divre Wilayah V Kedu, Jawa Tengah, siap melakukan operasi pasar beras jika memang diperlukan dan ada permintaan dari kabupaten/kota.

“Kapan pun kami siap melakukan OP beras, termasuk menjelang Lebaran nanti. Namun, sesuai ketentuan harus ada permintaan dari kabupaten/kota,” kata Kepala Perum Bulog Sub Divre Wilayah V Kedu Joko Tri Septanto Magelang, Kamis.

Ia mengatakan jika memang ada gejolak harga dan ada rekomendasi dari kabupaten/kota setempat pihaknya siap untuk melaksanakan OP.

Ia menuturkan pelaksanaan OP beras menggunakan cadangan beras nasional dengan harga Rp7.900 per kilogram.

Namun, katanya saat ini harga beras di pasaran cenderung stabil, berkisar Rp8.000 hingga Rp9.000 per kilogram.

Menurut dia beberapa daerah di wilayah Kedu masih ada panen padi.

“Berdasarkan pantauan di lapangan panen belum habis, masih ada sekitar 40 persen. Penyerapan beras terus berlangsung, sekitar 400 hingga 500 ton per hari,” katanya.

Ia mengatakan melihat kondisi di lapangan, diperkirakan panen masih berlangsung hingga akhir Juni 2016 sehingga penyerapan bisa lebih banyak.

Ia menuturkan guna mengendalikan harga bawang merah yang terus naik akhir-akhir ini, pihaknya melakukan OP bawang merah di sekitar Alun-Alun Kota Magelang.

Ia mengatakan OP bawang merah saat ini memasuki hari ketiga dengan harga jual Rp21.000 per kilogram, sedangkan harga bawang merah di pasaran berkisar Rp30.000 hingga Rp40.000 per kilogram. (jn03/ant)

BACA JUGA  Bulog Pekalongan Gelar OP Bawang Merah

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...