Jowonews

Logo Jowonews Brown

Buruh Rokok Gentong Gotri Tuntut Pembayaran THR

Demo di Kudus
Demo di Kudus
Demo di Kudus

Kudus, Jowonews.com – Buruh Pabrik Rokok Gentong Gotri Kudus menggelar aksi unjuk rasa di depan pabrik yang ada di Jalan Lingkar Kudus untuk menuntut pembayaran tunjangan hari raya (THR).

Aksi damai buruh terpaksa ditempuh menyusul hingga H-2 Lebaran belum diserahkan oleh pihak manajemen, sedangkan perusahaan lainnya sudah lebih awal menyampaikan.

Masni, salah satu buruh PR Gentong Gotri mengakui, sangat mengharapkan perusahaan memberikan THR, karena sudah lama menganggur sejak tiga tahun tidak produksi lagi. Kini, kata dia, dirinya hanya menganggur di rumah.

Pemberian uang tunggu sebesar Rp12.000 per pekan, kata dia, tidak cukup untuk kebutuhan keluarga. Suwarti, buruh lainnya berharap, bisa menerima THR yang belum diketahui jumlahnya.

Kasus serupa, kata dia, dialami buruh rokok Gentong Gotri pada tahun lalu juga harus diawali dengan aksi demo.”Harapannya, tidak demikian karena kami juga capai harus menanti sesuatu yang tidak ada kejelasannya,” ujarnya.

Dia mengusulkan, sebaiknya perusahaan mengambil keputusan untuk mem-PHK buruh, dari pada menggantungkan nasib buruh tanpa ada kepastian.

Aksi buruh rokok tersebut juga mendapatkan kawalan aparat Kepolisian menyusul aksinya berada di tepi Jalan Lingkar Kudus yang ramai kendaraan, khususnya pemudik.

Kabid Perselisihan Hubungan Industrial Ketenagakerjaan pada Dinsosnakertrans Wisnu Broto Jayawardana mengungkapkan dihadapan buruh bahwa manajemen sudah berjanji untuk membayarkan THR.”Surat kesanggupan tersebut juga sudah kami terima,” ujarnya.

Pada aksi unjuk rasa tersebut, Polres Kudus menerjunkan 50-an personel. (JN04)

BACA JUGA  Peringati Hari Jadi, Satpam Dituntut Tingkatkan Profesionalitas

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...