Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Calon Rektor Diminta Buat Pernyataan Tak Pernah Plagiat

SEMARANG, Jowonews.com – Guru Besar Bidang Kependudukan dan Lingkungan Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof. Saratri Wilonoyodho mengungkapkan adanya pernyataan di atas materi oleh calon yang akan bertarung dalam pemilihan rektor universitas ini yang berisi tidak pernah melakukan plagiarisme penelitian.

“Di klausul nomor 15 tata cara pemilihan rektor sudah dijelaskan tentang penyataan itu,” kata Saratri di Semarang, Selasa.

Sebelumnya, Rektor Unnes Fathur Rokhman diduga melakukan plagiarisme penelitian yang karyanya sama persis dengan skripsi salah satu mahasiswa perguruan tinggi itu.

Fathhur sendiri saat ini mencalonkan diri kembali sebagai rektor untuk periode 2018-2022.

Menurut dia, surat pernyataan bermaterai tersebut berimplikasi hukum.

“Ada ancaman pidana kalau yabg disampaikan dalam surat pernyataan itu tidak benar,” katanya.

Oleh karena itu Komite Etik Unnes yang beranggotakan para profesor tersebut harus tegas dan tidak tebang pilih dalam menyelesaikan persoalan ini.

“Kalau saya dipanggil, maka kasus berkaitan dugaan plagiarisme oleh rektor juga diproses agar jelas,” katanya.

Menurut dia, Fathur Rokhman juga harus dimintai keterangannya karena tuduhan yang dialamatkan itu juga belum tentu benar.

“Kalau memang bersalah ya harus dijatuhi sanksi, tapi kalau ternyata tidak bersalah juga harus disampaikan ke masyarakat,” katanya.(jwn4/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...