Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Cari Bibit Atlet, Magelang Pantau Bakat Siswa

MAGELANG, Jowonews.com – Pemerintah Kota Magelang memerintahkan para pengelola sekolah di daerah itu untuk memantau bakat olahraga siswa guna penjaringan bibit atlet berprestasi.

“Sekolah mempunyai peranan penting. Dia menjadi pintu awal penyaringan calon-calon atlet berprestasi. Sekolah harus memantau siswanya yang memiliki bakat bidang olahraga,” kata Wakil Wali Kota Magelang Windari Agustina di Magelang, Jumat (16/9).

Ia mengatakan hal itu saat memimpin peringatan Hari Olahraga Nasional 2016 tingkat Kota Magelang dan HUT Ke-71 Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Magelang.

Ia menjelaskan pembibitan atlet berprestasi akan mudah dilakukan jika sekolah ikut terlibat dalam pencarian bakat para siswanya. Akan tetapi, Windarti mengaku bahwa upaya menjaring bakat siswa di bidang olahraga bukan hal yang mudah dan butuh kerja sama dengan berbagai pihak.

“Urusan mencari bibit unggul tidak hanya menjadi tanggung jawab pihak tertentu, seperti Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) atau pihak lainnya, melainkan juga menjadi tugas sekolah, termasuk masyarakat,” imbuhnya.

Kalau ada pelajar memiliki talenta yang menonjol di bidang olahraga, katanya, harus segera disampaikan kepada pihak terkait guna mempermudah penjaringan atlet.

Pada kesempatani itu, ia memastikan bahwa pemkot setempat akan memberikan apresiasi yang tinggi kepada atlet berprestasi serta memberikan dukungan untuk terus meraih prestasi yang terbaik.

Ia mengatakan atlet yang berprestasi akan menjadi kebanggaan daerahnya. Salah satu bentuk bentuk penghargaan pemkot setempat kepada atlet berprestasi, yakni pemberian tali asih atau uang pembinaan yang memadai.

Pemkot juga sedang mengkaji kemungkinan pendidikan gratis hingga jenjang perguruan tinggi untuk atlet daerah itu yang bisa mengharumkan nama Kota Magelang. “Prestasi olahraga penting, namun pendidikan juga tidak kalah penting. Keduannya harus sama-sama berjalan dengan baik,” tandasnya. (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...