Jowonews

Logo Jowonews Brown

Chapecoense Jadi Juara Copa Sundamericana 2016

JAKARTA, Jowonews.com –  Presiden sementara Chapecoense, Ivan Tozzo, mengatakan bahwa CONMEBOL telah mengkonfirmasi bahwa klub asal Brazil itu yang akan ditunjuk sebagai juara dan akan mendapatkan segala hak yang bisa diterima sebagai seorang juara termasuk trofi dan hadiah uang.

Final Copa Sudamericana tahun ini sebenarnya sangat dinanti karena tim penuh kejutan macam Chapecoense akan menantang lawan yang tak enteng bernama Atletico Nacional.

Sayangnya, laga final itu tidak pernah bisa digelar setelah pesawat LaMia Airlines dengan nomor penerbangan LMI2933 yang mengangkut para pemain, staf, pelatih Chapecoense, dan sejumlah jurnalis jatuh dan menewaskan hampir semua penumpang disana sesaat sebelum mereka mendarat di Jose Maria Cordova International Airport di Kolombia.

Melihat kejadian itu, CONMEBOL langsung menunda segala aktivitas persepakbolaan disana dan dunia sepakbola pun berduka. Berbagai dukungan dan rasa simpati mengalir bak air bah ke kubu Chapecoense dari segala penjuru dunia.

Tak lupa kubu Atletico Nacional dengan rela mengusulkan agar CONMEBOL menobatkan Chapecoense sebagai juara. Sebuah usulan yang pada akhirnya diterima oleh pihak CONMEBOL untuk menjadikan Chapecoense sebagai kampiun.

“CONMEBOL telah menyatakan bahwa mereka akan menobatkan Chapecoense sebagai juara Copa Sudamericana 2016. Sebagai tambahan, klub juga akan menerima hadiah juara sebesar dua juta dollar. Segalanya telah dipastikan namun saya belum tahu apakah akan ada acara seremonial soal penyerahan piala itu,” jelas Tozzo.

Kini tugas berat Tozzo adalah bagaimana caranya ia menghidupkan kembali klub tersebut. Tak banyak pemain yang tersisa di dalam tim setelah tragedi itu meski klub-klub Brazil lain telah sepakat untuk meminjamkan masing-masing tiga pemainnya ke Chapecoense untuk musim depan tanpa dipungut biaya sepeser pun. Sebuah kemurahan hati yang harusnya bisa menggairahkan lagi semangat sepakbola di Chapeco untuk musim depan.

“Kami menerima banyak dukungan dari semua federasi, mulai dari CBF, CONMEBOL, FIFA, dan tentunya orang-orang di Chapeco. Sekarang kami harus mulai membangun tim lagi. Orang-orang Chapeco ingin melihat sepakbola lagi karena mereka sangat mencintainya. Untuk itu kami harus meneruskan ini. Mari kita bicarakan ini dan melakukannya dengan baik,” pungkasnya. (jn03)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...