Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Curah Hujan di Jateng Meningkat 10 Hari ke Depan

BANJARNEGARA, Jowonews.com — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan adanya peningkatan curah hujan di wilayah Jawa Tengah hingga sepuluh hari ke depan.

“Pada saat ini hingga sepuluh hari ke depan akan terjadi peningkatan curah hujan,” kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara), Setyoajie Prayoedhie, di Banjarnegara, Jumat (2/2).

Dia menjelaskan, pada saat ini potensi pembentukan awan di wilayah Jawa Tengah, sedang mengalami peningkatan.

“Pada saat ini tutupan awan lebih banyak di Jawa Tengah, dan pola angin didominasi angin baratan,” katanya.

Hal tersebut, kata dia, berdasarkan pengamatan kondisi atmosfer terkini.

Sementara itu, Stasiun Klimatologi Semarang, kata dia, menginformasikan adanya peluang curah hujan dengan kriteria menengah, yang berpeluang terjadi di sebagian Kabupaten Pati, Rembang, dan juga blora.

“Kriteria menengah yakni dengan curah hujan antara 151 hingga 300 milimeter,” katanya.

Peluang curah hujan dengan kriteria tinggi, berpeluang terjadi di wilayah Cilacap, Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, Banyumas, Purbalingga, Kebumen, Banjarnegara, Purworejo, Wonosobo, Temanggung, Magelang, Klaten, Kendal, Demak, Jepara dan Kudus.

“Sementara itu, curah hujan dengan kriteria sangat tinggi, yakni di atas 300 milimeter, dengan peluang sepuluh persen juga berpeluang terjadi di wilayah-wilayah tersebut,” katanya. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...