Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Demo Trump, Dikhawatirkan Ganggu Ekspor Jateng ke AS

SEMARANG, Jowonews.com – Maraknya aksi demonstrasi di Amerika Serikat (AS) atas terpilihnya Donald Trump dalam pemilihan presiden Amerika Serikat 2016 dikhawatirkan berdampak pada perdagangan luar negeri.

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Tengah bahkan mengkhawatirkan ekspor ke Amerika Serikat (AS) terhambat seiring dengan terpilihnya Preside AS baru Donald Trump.

“Memang kalau saat ini tidak terlalu ada pengaruhya tetapi ke depan kami khawatir jika sampai memengaruhi,” kata Ketua Apindo Jawa Tengah Frans Kongi di Semarang, Kamis (17/11).

Ia mengatakan, dari informasi yang diperoleh, Presiden baru AS tersebut akan memproteksi negaranya dari barang-barang impor. “Padahal selama ini produk garmen dari Jawa Tengah banyak diekspor ke sana. Ini yang kami khawatirkan,” katanya.

Meski demikian, pihaknya berharap agar berita tersebut tidak sepenuhnya benar karena diakuinya sejauh ini AS masih menempati posisi pertama negara tujuan ekspor Jateng dengan nilai terbesar.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah menyatakan nilai ekspor terbesar Jateng untuk periode Januari-Oktober 2016 masih ditempati oleh AS dengan angka mencapai 1.077,84 juta dolar AS. Selanjutnya disusul ekspor ke Jepang dengan angka 494,09 juta dolar AS dan ke Tiongkok dengan angka 463,09 juta dolar AS.

Terkait hal itu, pihaknya memprediksi kondisi ekonomi pada tahun 2017 tidak akan jauh berbeda dengan kondisi ekonomi pada tahun ini. “Kalau untuk saat ini kan pertumbuhan ekonomi di kisaran 5,2 persen, tahun depan kemungkinan naik tapi tidak lebih dari 6 persen. Sekitar 5,7-5,8 persen,” imbuhnya. (jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...