Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Desa Karanganyar Borobudur Terapkan Jaminan Kesehatan Desa

MAGELANG, Jowonews.com – Desa Karanganyar, Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menerapkan jaminan kesehatan desa bagi warganya yang belum mendapatkan kartu Indonesia Sehat maupun Jamkesmas/Jamkesda.

Kepala Desa Karanganyar, Catur Windarmoko di Magelang, Rabu (1/11), mengatakan mulai November 2017 Desa Karanganyar menerapkan jaminan kesehatan desa untuk membantu warga yang selama ini belum mendapatkan jaminan kesehatan dari pemerintah.

Ia mengatakan untuk menjalankan program tersebut, pihaknya melakukan kerja sama dengan Puskesmas Borobudur dan RSUD Muntilan Kabupaten Magelang.

“Kami sudah koordinasi dengan RSUD Muntilan dan sanggup untuk kerja sama,” katanya.

Dana jaminan kesehatan desa untuk bulan November dan Desember 2017 dianggarkan Rp 15 juta yang diambilkan dari Anggaran Dana Desa (ADD).

“Anggarannya memang relatif kecil, namun sudah kami perhitungkan dan mudah-mudahan cukup hingga akhir tahun ini,” katanya.

Berdasarkan pengalaman selama ini, setiap bulan di Desa Karanganyar kadang ada satu orang yang sakit dan kadang tidak ada.

Untuk program yang sama tahun depan, anggarannya akan ditambah karena jangka waktunya lebih panjang selama satu tahun.

Jaminan kesehatan desa ini tidak sama persis seperti Jamkesmas atau Jamkesda, ada batasan-batasan tertentu, misalnya kalau rawat inap biaya yang ditanggung sampai tujuh hari di kelas 3 RSUD Muntilan. Kalau di ICU ditanggung sepertiga dan kalau melakukan operasi ditanggung 50 persen.

“Kami tidak memaksa warga untuk menggunakan jaminan kesehatan tersebut, tetapi kalau mau menggunakan silakan dengan fasilitas seperti itu,” katanya.

Dari sekitar 2.000 warga Karanganyar yang mendapatkan jaminan kesehatan baru sekitar 900 warga sehingga ada sekitar 1.100 warga yang belum mendapatkan jaminan kesehatan. Sebanyak 900 warga tersebut ada yang BPJS mandiri, Jamkesmas, dan Jamkesda.(jwn4/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...