Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Dewan Keluhkan PRPP Jateng tak Terawat

SEMARANG, Jowonews.com – Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah Muhammad Rodhi prihatin dengan kondisi terkini dari obyek wisata kompleks Puri Maerakaca  sebagai taman mini Provinsi Jateng.

“Saat berkunjung bersama Ketua Komisi C, semua daerah kabupaten/kota di Jateng memiliki anjungan di sana. Tapi sayang beberapa kondisinya cukup memprihatinkan,”katanya pada Sabtu (18/11/2017) di Kota Semarang.

Bahkan, Kondisi paling parah di anjungan Kabupaten Temanggung, yang sempat mengalami kebakaran pada 2014 lalu. Sudah hampir 3 tahun, bangunannya dibiarkan mangkrak.

Belum ada upaya perbaikan dari Pemerintah Kabupaten Temanggung maupun pengelola Puri Maerakaca yang kini berganti nama menjadi Grand Maerakaca. “Anjungan Kabupaten Temanggung, yang pernah terbakar, sampai hari ini masih belum diperbaiki,”ujarnya lagi.

Dia mengatakan bahwa saat menuju ke anjungan Kabupaten Semarang  lantai proselin cukup kotor. Kemudian, di anjungan Kota Salatiga, papan namanya lepas, lampu taman lepas.

Di setiap anjungan yang merupakan ciri khas dari 35 kabupaten/kota di Jateng. Di anjungan Kabupaten Boyolali, suasananya tampak sepi. Di dalam bangunan rumah khas Boyolali itu kosong. Pun di anjungan Kota Tegal juga tampak senyap.

Kolam di depan anjungan Kota Tegal juga mangkrak hingga ditumbuhi lumut. Terlihat kumuh! Di anjungan Kota Magelang, papan namanya sudah rompal. Catnya juga sudah memudar.

Masih banyaknya anjungan yang tidak terurus menjadi pemandangan yang kurang bagus. Para pengujung mendorong kepada pemerintah untuk merawat anjungan dan miniatur rumah adat dari 35 kota/kabupaten di Jateng tersebut.

”Sayang kalau dibiarkan mangkrak. Apalagi kalau ada pengunjung yang pengin menginap di sini, pengin menikmati pemandangan malam  jadi kecewa,” ujarnya.

Atas kondisi tersebut, Rodhi berharap segera ada pembenahan agar bisa dinikmati kembali oleh masyarakat. “Taman dengan patung Joko Tingkir naik gethek dikelilingi oleh buaya.

BACA JUGA  BMKG: Jateng Selatan Masuki Pancaroba

“Apa benar, Joko Tingkir itu ikon kota Salatiga? kami menyarankan agar segera dibenahi fisik bangunan, taman disesuaikan dengan ikon kota atau kabupaten yang bersangkutan, kami berharap, dengan segala keterbatasan yang ada bisa mengoptimalkan PRPP,”pungkasnya. (JWN3)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...