Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Dewan Minta Desk Pilkada Proaktif Pantau Perkembangan

pilkadaSemarang, Jowonews.com – Kalangan Dewan meminta Desk Pilkada Provinsi Jawa Tengah diminta proaktif memantau proses dan perkembangan dinamika yang terjadi di lapangan menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah secara serentak di 21 kabupaten/kota pada 9 Desember 2015.

“Tujuan pemantauan dinamika yang berkembang di masyarakat itu untuk mengantisipasi secara dini kemungkinan terjadinya konflik yang terkait dengan pilkada,” kata Sekretaris Komisi A DPRD Jawa Tengah Ali Mansyur di Semarang, Selasa (11/8).

Dikatakan Ali, tindakan antisipasi terjadinya konflik menjelang pilkada perlu dilakukan mulai sekarang karena persaingan antarbakal calon kepala daerah di sejumlah kabupaten/kota diperkirakan berlangsung ketat. Kendati demikian, hingga kini Ali mengaku belum melihat adanya gejolak di masyarakat yang berpotensi menimbulkan konflik antarpartai politik maupun antarpendukung pasangan calon kepala daerah.

“Desk Pilkada Jateng yang diketuai Sekda Jateng Sri Puryono perlu lebih aktif dan fokus memperhatikan persaingan antarkandidat pilkada yang berimbang atau ‘head to head’ karena bukan tidak mungkin ada parpol atau pendukungnya yang melakukan hal-hal di luar dugaan kita,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ali menekankan agar penyelenggara pilkada juga menjalankan tugas dan kewajibannya sesuai dengan aturan yang berlaku, serta tidak memihak salah satu pasangan calon kepala daerah. “Gubernur Jateng juga harus berani menindak tegas pegawai negeri sipil yang terbukti melanggar aturan tentang netralitas aparatur sipil negara pada setiap tahapan pilkada,” tutupnya. (JN03)

BACA JUGA  KPU Purbalingga Ajak Warga Jadi Pemilih Cerdas Wujudkan Pilkada Berkualitas

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...