Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Di Solo, Bioskop Dibuka Kompetisi Sepak Bola Digelar

SOLO, Jowonews- Pemerintah Kota Surakarta sudah mengizinkan membuka gedung bioskop dan menggelar kompetisi sepak bola Piala Menpora 2021 pada perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) ketiga mulai tanggal 9-22 Maret mendatang.

Pada perpanjangan PPKM ketiga kalinya, gedung bioskop sudah boleh buka mulai Selasa (9/3), dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan olahraga kompetisi sepak bola juga diizinkan digelar, tetapi tapa penonton, kata Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Surakarta Ahyani, di Solo, Senin (8/3).

Pemkot Surakarta telah memberikan izin kompetisi Piala Menpora 2021 yang akan digelar di Stadion Manahan Solo pada 21 Maret mendatang.

Mekanismenya, kata Ahyani, pengelola atau penyelenggara harus meminta izin sama dengan olahraga kompetisi sepak bola boleh melaksanakan, tetapi tanpa penonton. Pengelola atau penyelenggara harus menerapkan protokol yang sangat ketat terhadap atletnya.

Ahyani menjelaskan gedung bioskop di Solo, ada di Solo Square, Solo Grand Mall (SGM), dan Paragon Mall. Namun, pengelola harus tetap dilakukan persiapan terlebih dahulu, misalnya ruangnya studio harus prokes.

“Satu kursi penonton harus dilipat atau dikosongkan untuk jarak antara pengunjung satu dengan kedua. Satu kursi kosong untuk jaga jarak tetap prokes, dan setelah selesai pemutaran film ganti penonton langsung disemprot disinfektan,” katanya sebagaimana dilansir Antara.

Pemkot Surakarta memutuskan memperpanjang PPKM mikro selama 14 hari ke depan, meski Solo tidak ada lagi kelurahan yang masuk zona merah. Perpanjangan PPKM mikro ketiga ini, bersamaan pelonggaran sejumlah kebijakan yang baru.

“Satgas Covid-19 Surakarta juga akan melakukan pengecekan di lokasi bioskop. Kami meminta pada pengelola bioskop untuk tetap menerapkan prokes ketat,” katanya.

Dia menjelaskan dengan dilakukan kebijakan baru tersebut, karena melihat kondisi beberapa kegiatan-kegiatan sudah mulai berjalan, termasuk adanya kompetisi sepak bola Liga Indonesia.

BACA JUGA  730 Eks Gafatar Masih di Asrama Haji Donohudan

Hal ini, nanti akan dievaluasi sambil berjalan, jika muncul klaster dari kegiatan itu, akan dihentikan. Kebijakan mulai berlaku, Selasa (9/3),” katanya.

Namun, kata dia, khusus pentas musik di Solo belum diizinkan. Masyarakat yang menggelar hajatan tetap diizinkan di gedung pertemuan dengan kapasitas kursi sekitar 25 persen dari kapasitas ruangan.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menyampaikan aturan PPKM mikro yang ketiga baru ditandatangani pada Selasa (9/3).

“Kami mengizinkan turnamen sepak bola Piala Menpora di Solo, tanpa penonton. Alhamdulillah Covid-19 di Solo sudah menurun, tetapi protokol kesehatan tetap jalan,” kata Gibran.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...