Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Diamankan dari Demak, Buaya Muara Ditangkarkan di Banyumas

BANYUMAS, Jowonews.com – Balai Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Jawa Tengah menangkarkan seekor buaya muara (Crocodilus porosus) yang diamankan dari Pondok Pesantren Mbah Misbah, Kabupaten Demak, di tempat penangkaran Desa Dawuhan Kulon, Kabupaten Banyumas.

“Buaya berjenis kelamin betina itu tiba di tempat penangkaran, Desa Dawuhan Kulon, Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas, dini hari tadi, sekitar pukul 02.00 WIB,” kata Koordinator Polisi Hutan BKSDA Jateng Seksi Konservasi Wilayah II (Cilacap-Pemalang) Rahmat Hidayat kepada Antara di Banyumas, Jumat.

Sesampainya di tempat penangkaran, kata dia, buaya yang berusia 20 tahun dan memiliki panjang 3,1 meter itu langsung dilepas di dalam kolam.

Dengan demikian, kata dia, tempat penangkaran di Desa Dawuhan Kulon yang dibuka sejak awal Januari 2017 hingga saat ini dihuni tiga ekor buaya.

“Awalnya, di tempat penangkaran ini hanya ada sepasang buaya pemberian dari tempat penangkaran di Subang, Jawa Barat,” katanya.

Dia mengatakan tempat penangkaran di Desa Dawuhan Kulon memiliki tiga kolam, masing-masing berukuran 8×5 meter, 10×6 meter, dan 5×4 meter, serta dilengkapi pagar pengaman.

Selain itu, terdapat dua orang penangkar buaya.

Ia mengatakan tempat penangkaran buaya itu dibuka sebagai upaya untuk menjaga kelestarian satwa liar yang dilindungi.

Informasi yang dihimpun, buaya muara itu diamankan BKSDA Jateng Pondok Pesantren Mbah Misbah, Desa Temu Roso, Kecamatan Krasak, Kabupaten Demak, pada Kamis (9/2).

Buaya yang telah diikat dan moncong serta kepalanya ditutup karung itu dibawa petugas BKSDA Jateng menuju tempat penangkaran di Banyumas menggunakan mobil bak terbuka.

Sepanjang perjalanan menuju Banyumas, petugas BKSDA beberapa kali menghentikan kendaraan untuk sekadar menyiramkan air ke tubuh buaya itu. (jn03/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...