Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Diamuk Puting Beliung, Empat Rumah Rusak Parah

PURWOKERTO, Jowonews.com – Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas, Senin (30/5) pagi melakukan pembersihan rumah yang menjadi korban amuk puting beliung di Dusun Cilombang RT 03 RW 08, Desa Lumbir, Kecamatan Lumbir. Tercatat empat rumah warga di daerah itu mengalami kerusakan akibat bencana yang terjadi Minggu (29/5) sore.

“Bencana tersebut dilaporkan terjadi pada Minggu (29/5) sore saat hujan lebat disertai angin kencang,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Banyumas, Prasetyo Budi Widodo, Senin (30/5).

Salah satu rumah warga yang rusak parah terjadi pada rumah milik Jaswadi. Rrumah rusak karena tertimpa satu rumpun bambu yang tumbang. Selain itu, rumah milik Sunardi mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon waru yang tumbang, rumah milik Sahad tertimpa pohon jati, serta rumah Muhadi tertimpa pohon petai dan sengon.

” BPBD Banyumas beserta relawan gabungan bekerja bakti untuk memperbaiki rumah-rumah warga yang mengalami kerusakan serta memberikan sejumlah bantuan kepada para korban,” katanya.

Salah seorang warga Lumbir, Warsito menginformasikan jika angin kencang yang terjadi pada Minggu (29/5) sore juga menumbangkan pohon-pohon pinus di kawasan hutan milik Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Barat. “Luasannya sekitar 2,5 hektare,” katanya.

Administrator Perum Perhutani KPH Banyumas Barat Setiawan mengakui jika banyak pohon pinus di Lumbir yang tumbang akibat angin kencang yang terjadi pada hari Minggu (29/5). “Saat ini, kami masih mendata jumlah pohon pinus yang tumbang serta di blok berapa peristiwa itu terjadi,” katanya.

Kendati demikian, dia mengatakan pohon-pohon pinus yang tumbang itu akan segera dipotong dengan ukuran 2 meter dan selanjutnya dibawa ke tempat penimbunan kayu. (JN19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...