Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Dieng Culture Festival 2020 Diselenggarakan Secara Virtual

BANJARNEGARA, Jowonews- Gelaran budaya Dieng Culture Festival (DCF) 2020 akan diselenggarakan secara virtual guna menghindari kerumunan selama pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Banjarnegara Agung Yusianto di Banjarnegara, Ahad (23/8), menjelaskan bahwa pemkab setempat memutuskan untuk tetap menyelenggarakan Dieng Culture Festival meskipun secara virtual karena banyaknya permintaan dari masyarakat.

“Di tengah pandemi Covid-19. ini ternyata animo masyarakat untuk menyaksikan kegiatan Dieng Culture Festival masih cukup besar. Sehingga Pemkab Banjarnegara memutuskan untuk memfasilitasi dengan menyelenggarakannya secara virtual,” katanya sebagaiamana dilansir Antara.

Hal itu, kata dia, menunjukkan selama ini agenda wisata tahunan tersebut mendapatkan respons yang positif dan banyak diminati oleh masyarakat.

Kendati demikian, pihaknya tidak mungkin menyelenggarakan kegiatan tersebut secara tatap muka. Karena dikhawatirkan akan menimbulkan kerumunan dalam jumlah yang besar.

“Kalau diselenggarakan secara tatap muka seperti tahun-tahun sebelumnya, bisa menimbulkan kerumunan yang luar biasa besar. Karena itu pilihan menyelenggarakan secara virtual kami rasa akan lebih bijaksana untuk dilakukan pada masa pandemi seperti sekarang ini,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa penyelenggaraan agenda tahunan Dieng Culture Festival ini salah satunya bertujuan untuk melestarikan tradisi budaya lokal.

Meskipun hanya dapat menyaksikan secara virtual, kami berharap masyarakat tetap bisa menikmati gelaran event ini dan sekaligus ikut melestarikan budaya lokal khas wilayah setempat,” katanya.

Ia berharap Dieng Culture Festival secara virtual ini akan dapat menjadi pengobat rindu bagi masyarakat.

Ajang secara virtual tersebut akan berlangsung pada bulan September 2020.

“Namun, tanggal pasti pelaksanaannya masih terus dibahas oleh seluruh pihak terkait, kami akan segera sampaikan informasinya kepada seluruh masyarakat,” katanya.

BACA JUGA  Tim SAR Cari Korban Tenggelam Sungai Serayu Banjarnegara

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...