Jowonews

Logo Jowonews Brown

Din : Tidak Masalah jika Ulama Terjun ke Politik

JAKARTA,Jowonews.com — Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin mengatakan tidak ada masalah bagi ulama terjun ke dunia politik asalkan tetap membawa nilai-nilai agama.

“Islam tidak terlepas dari politik maka tidak ada pemisahan antara agama dan politik dalam pandangan Islam. Dan oleh karena itu ulama pun tidak ada masalah untuk terjun ke dunia politik asalkan tetap membawa nilai-nilai agama,” ujarnya usai konferensi pers tentang Forum Perdamaian Dunia ke-7, Jakarta, Senin.

Dia menuturkan ulama yang terjun dalam ranah politik juga harus siap menerima resiko baik didukung atau tidak didukung oleh suatu pihak.

Menurut dia, seorang yang masuk ke ranah politik kekuasaan, maka siap untuk mengemban tugas bukan untuk kepentingan diri sendiri tapi untuk kemaslahatan orang banyak.

Dia juga menuturkan dengan mempertahankan nilai-nilai agma, maka ranah politik dapat mengedepankan moralitas dan kesejahteraan orang banyak.

“Baik-baik saja ulama masuk ke ranah politik dengan syarat harus secara sejati memperjuangkan nilai-nilai bukan memperjuangkan dirinya, kelompoknya atau partai pendukungnya supaya politik bisa dibimbing dengan arahan moral,” ujarnya.(jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...