Jowonews

Logo Jowonews Brown

Seri Babad Tanah Jawi: Dinasti yang Berkuasa pada Zaman Kerajaan Medang

Dinasti Yang Berkuasa Pada Zaman Kerajaan Medang

Rakai Pikatan

Rakai Pikatan, yang waktu itu menjadi Pangeran Wangsa Sanjaya, menikah dengan Pramodhawardhani (833-856 M), putri Raja Wangsa Syailendra Samaratungga. Sejak itu, pengaruh Sanjaya yang bercorak Hindu mulai dominan di Mataram, menggantikan agama Buddha. Bahkan, Rakai Pikatan mendepak Raja Balaputradewa. Dan, pada tahun 850 M, Wangsa Sanjaya kembali menjadi satu-satunya penguasa Mataram.

Prasasti Wantil disebut juga Prasasti Siwagreha, yang dikeluarkan pada tanggal 12 November 856 M. Prasasti ini, selain menyebut pendirian Istana Mamratipura, juga menyebut tentang pendirian bangunan suci Siwagreha, yang diterjemahkan sebagai Candi Siwa.

Berdasarkan ciri-ciri yang digambarkan dalam prasasti tersebut, Candi Siwa identik dengan salah satu candi utama di kompleks Candi Prambanan. Dengan demikian, bangunan utama di kompleks tersebut dibangun oleh Rakai Pikatan. Sedangkan, candi-candi kecil lainnya mungkin dibangun pada masa raja-raja selanjutnya.

Baca selanjutnya: Raja Wangsa Sanjaya : Rakai Kayuwangi

BACA JUGA  Seri Babad Tanah Jawi : Seputar Nama Kerajaan Medang (Mataram Kuno)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...

Secara umum, para sejarawan menyebut ada tiga dinasti yang berkuasa pada Zaman Kerajaan Medang baik di Jawa Tengah maupun Jawa Timur